Arifinta, Hasna Nisa (2025) Pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual berbasis HOTS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21204006_prabab.pdf Download (602kB) |
![]() |
Text
21204006_bab1.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
21204006_bab2.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text
21204006_bab3.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
21204006_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) |
![]() |
Text
21204006_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
![]() |
Text
21204006_bab6.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
21204006_daftarpustaka.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
21204006_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
21204006_lembarpersetujuanpublikasi.pdf Download (309kB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu dari lima standar proses pembelajaran matematika. Namun, hasil survei PISA tahun 2022 menunjukkan kemampuan kemampuan komunikasi matematis siswa Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu yang diduga berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis adalah disposisi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual berbasis HOTS, yang terbagi menjadi level C4, C5, dan C6. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 8 Kediri dan sampel yang digunakan sebanyak 101 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan angket disposisi matematis dan soal tes kemampuan komunikasi matematis berupa soal kontekstual berbasis HOTS. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 26 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian yang pertama adalah tingkat disposisi matematis siswa kelas VIII MTsN 8 Kediri pada kategori sedang sebesar 33% dan 67% pada kategori tinggi. Kedua, kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual berbasis HOTS menunjukkan bahwa sebanyak 49% pada kategori tinggi, 28% pada kategori sedang, dan 24% pada kategori rendah. Untuk kemampuan komunikasi matematis siswa pada level C4 mayoritas pada kategori tinggi, pada level C5 mayoritas pada kategori tinggi, dan pada level C6 mayoritas pada kategori rendah. Ketiga, terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual berbasis HOTS pada level C4 sebesar 6,5% dan sisanya 93,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Keempat, tidak terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual berbasis HOTS pada level C5. Kelima, tidak terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual berbasis HOTS pada level C6. Keenam, terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual berbasis HOTS secara keseluruhan sebesar 3,8% dan sisanya 96,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | HASNA NISA ARIFINTA |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 06:48 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 06:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18880 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |