Fahimulhaq, Aufa (2025) Implementasi Metode Wafa Dalam Pembelajaran Al Qur'an Di Sdit Bina Insani Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201079_PRABAB.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21201079_BAB1.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
21201079_BAB2.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
21201079_BAB3.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
21201079_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
![]() |
Text
21201079_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
![]() |
Text
21201079_BAB6.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
21201079_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21201079_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (8).pdf Download (63kB) |
Abstract
Pembelajaran Al-Qur'an di tingkat sekolah dasar memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan spiritualitas peserta didik sejak dini. Namun, dalam praktiknya masih ditemukan berbagai tantangan dalam menghadirkan metode pengajaran yang menarik, efektif, dan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Fokus utama penelitian ini meliputi tiga aspek penting: (1) perencanaan penerapan metode Wafa dalam pembelajaran AlQur'an di SDIT Bina Insani, (2) pelaksanaan metode Wafa dalam proses pembelajaran, dan (3) evaluasi terhadap keberhasilan penerapan metode Wafa di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dilakukan dengan menggunakan pendekatan yang berbasis pada pendekatan otak kanan untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan bacaan Al-Qur'an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan guru dan kepala sekolah, serta analisis dokumentasi yang terkait dengan implementasi metode Wafa di SDIT Bina Insani. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana guru dan peserta didik merasakan dan menjalankan metode Wafa dalam pembelajaran Al-Qur'an, serta tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bervariasinya tingkat kepahaman siswa dalam mencapai target yang sudah ditentukan menjadi faktor utama dalam pencapaian pembelajaran, (2) pelaksanaan metode Wafa di SDIT Bina Insani Kota Kediri belum maksimal, terutama dalam hal konsistensi penerapan langkah 5P oleh guru, (3) evaluasi pelaksanaan metode Wafa mencatat adanya kurangnya dukungan orang tua dalam membantu hafalan siswa di rumah, yang menjadi faktor penghambat dalam kelancaran hafalan mereka. Kata Kunci: Metode Wafa, Pembelajaran Al-Qur'an.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AUFA FAHIMULHAQ |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 05:01 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 05:01 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18874 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |