Konflik Kelas-Kelas Sosial Dalam Novel Saman Karya Ayu Utami dan Relevansinya Dalam Pelajar Pancasila Fase D

Lestari, Wahyuni Puji (2025) Konflik Kelas-Kelas Sosial Dalam Novel Saman Karya Ayu Utami dan Relevansinya Dalam Pelajar Pancasila Fase D. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21207043_prabab.pdf

Download (939kB)
[img] Text
21207043_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (348kB)
[img] Text
21207043_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
21207043_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text
21207043_BAB IV.pdf

Download (10kB)
[img] Text
21207043DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
21207062.lembarpublikasi (1)_copy.pdf

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelas-kelas sosial yang menyebabkan terjadinya konflik kelas sosial dalam novel Saman karya Ayu Utami dan direlevansikan dalam Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan studi pustaka (library research) dengan menggunakan teori Karl Marx dan Ralf Dahrendrof. Data dalam penelitian ini berupa kutipan kalimat, dialog, dan paragraf yang di dalamnya mengandung kelas-kelas sosial yang menyebabkan terjadinya konflik-konflik kelas sosial dalam novel Saman karya Ayu Utami. Sumber data dalam penelitian ini adalah data berupa novel yang berjudul Saman karya Ayu Utami kemudian data selanjutnya yaitu diambil dari jurnal, buku, skripsi dan juga artikel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan cara membaca novel Saman secara menyeluruh untuk menemukan data, kalimat dan dialog, kemudian membaca kembali disertai mencatat atau menandai hal-hal penting yang berkaitan denggan konflik kelas-kelas sosial, mengklasifikasikan data yang menggambarkan konflik kelas-kelas sosial, yang terakhir menganalisis dan melakukan pembahasan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan bibliografi kerja. Teknik analisis data menggunkan teknik reduksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tokoh dalam novel relevan dengan Profil Pelajar Pancasila yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Kemudian fase yang sesuai yaitu pada fase D, dengan hasil penelitian ini peserta didik dapat menerapkan sikap Profil Pelajar Pancasila pada tokoh novel Saman karya Ayu Utami. Akan tetapi, ditemukan juga tokoh yang tidak layak untuk diteladani.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: WAHYUNI PUJI LESTARI
Date Deposited: 14 Aug 2025 05:04
Last Modified: 14 Aug 2025 05:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18839

Actions (login required)

View Item View Item