Relasi Makna Pada Kutipan-Kutipan Bijak Dalam Novel Kado Terbaik Karya J.S Khairen Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SMA

Pramana, Jelita Nurindria (2025) Relasi Makna Pada Kutipan-Kutipan Bijak Dalam Novel Kado Terbaik Karya J.S Khairen Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SMA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21207054_prabab.pdf

Download (902kB)
[img] Text
21207054_bab1.pdf

Download (361kB)
[img] Text
21207054_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
21207054_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
21207054_bab4.pdf

Download (177kB)
[img] Text
21207054_daftar pustaka.pdf

Download (194kB)
[img] Text
21207054_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
21207054_sp.pdf

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis relasi makna yang terdapat dalam kutipan-kutipan bijak pada novel Kado Terbaik karya J.S. Khairen serta menganalisis implikasi hasil temuan tersebut terhadap pengembangan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di tingkat SMA, khususnya kelas XI. Relasi makna merupakan hubungan semantis antara satu kata dengan kata lain dalam suatu konteks, yang mencakup sinonimi, antonimi, polisemi, hiponimi-hipernimi, homonimi, redudansi, dan ambiguitas. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik baca catat, di mana kutipan-kutipan bijak dari novel dipilih dan dianalisis secara sistematis. Setiap kutipan ditelaah untuk mengidentifikasi jenis hubungan semantis yang terkandung di dalamnya, dengan mengacu pada teori-teori semantik linguistik yang relevan. Pendekatan deskriptif kualitatif memungkinkan peneliti untuk menafsirkan fenomena kebahasaan secara mendalam sebagaimana adanya dalam teks sastra, tanpa manipulasi variabel. Metode ini dianggap tepat karena memberikan ruang bagi eksplorasi makna secara kontekstual dan menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan variasi bentuk relasi makna yang signifikan, yaitu 4 data sinonimi, 13 data antonimi, 23 data polisemi, 18 data hiponimi dan hipernimi, 5 data redudansi, serta 17 data ambiguitas. Temuan ini membuktikan bahwa novel Kado Terbaik memiliki potensi besar sebagai bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Implikasinya mencakup peningkatan pemahaman semantik siswa, penguatan kemampuan berpikir kritis dan analitis, serta kontribusi terhadap pembelajaran kontekstual yang mengintegrasikan aspek linguistik dengan nilai-nilai karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: JELITA NURINDRIA PRAMANA
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:57
Last Modified: 14 Aug 2025 04:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18821

Actions (login required)

View Item View Item