Fauziyah, Nurul (2025) Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di MI Nasyiatul Mubtadiin Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21205007_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21205007_bab1.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
21205007_bab2.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
21205007_bab3.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
21205007_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21205007_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21205007_bab6.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
21205007_daftarpustaka.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
21205007_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
21202007_lembarpernyataanpublikasi.pdf Download (116kB) |
Abstract
Inovasi merupakan bagian penting dari peran kepala sekolah yang menjadi kunci dari peningkatan kualitas pendidikan khususnya mutu pembelajaran untuk dapat mewujudkan sekolah yang lebih baik serta mampu menghadapi persaingan yang semakin ketat antar lembaga di era globalisasi. MI Nasyiatul Mubtadiin di pilih sebagai lokasi penelitian karena termasuk sekolah tingkat dasar yang maju dari pada sekolah lain menjadikan madrasah banyak diminati wali murid. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan upaya peningkatan mutu pembelajaran oleh inovator yang ada di MI Nasyiatul Mubtadiin, meliputi bagaimana kepala sekolah mengembangkan daya kritis dalam inovasi pembelajaran, melakukan adaptasi perubahan teknologi informasi, dan analisis peluang untuk mengembangkan model pembelajaran bermutu di masa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengematan, trigulasi dan member check. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data di peroleh dari kepala sekolah, waka, guru dan dokumentasi yang terdapat di Sekolah. Lokasi penelitian bertempat di MI Nasyiatul Mubtadiin Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Hasil penelitian yang di dapat pada penelitian adalah sebagai berikut: 1) upaya kepala sekolah dalam mengembangkan daya kritis dalam mengembangkan inovasi pembelajaran di MI Nasyiatul Mubtadiin ialah inovasi manajerial ada membangun kerja sama, evaluasi diri madrasah, workshop, parenting dan motivasi, supervisi, mencontoh dan memodifikasi dari sekolah lain. Kedua, inovasi pembelajaran yang dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) upaya adaptasi perubahan teknologi informasi terdiri dimulai dari tahap perencanaan teknologi informasi, pelaksanaan teknologi informasi serta evaluasi dari teknologi informasi dalam pembelajaran. 3) analisis peluang yang dilakukan untuk mengembangkan model pembelajaran bermutu masa depan yaitu pertama, melakukan analisis kebutuhan masa mendatang dengan penataan manajerial, membangun ciri khas madrasah, dan mengembangkan model pembelajaran. Kedua, melakukan analisis pengetahuan yan skill yang harus dimiliki siswa, serta yang terakhir mengembangkan pembelajaran berkelanjutan dimasa mendatang.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | NURUL FAUZIYAH |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:50 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18807 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |