Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi (studi kasus kelas XI TKR SMK PGRI 1 Kediri)

Cahyaningrum, Rofi Nur (2025) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi (studi kasus kelas XI TKR SMK PGRI 1 Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21204011_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21204011_bab1.pdf

Download (502kB)
[img] Text
21204011_bab2.pdf

Download (658kB)
[img] Text
21204011_bab3.pdf

Download (682kB)
[img] Text
21204011_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21204011_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
21204011_bab6.pdf

Download (298kB)
[img] Text
21204011_daftarpustaka.pdf

Download (441kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (185kB)

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar matematika siswa. Salah satu faktor penyebab adalah penggunaan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan minat belajar yang bedampak pada hasil belajar. Salah satu model pembelajaran inovasi tersebut adalah pembelajaran berdiferensiasi, yaitu pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi kelas XI TKR SMK PGRI 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi desain regresi linear sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKR SMK PGRI 1 Kediri tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, yakni berdasarkan rekomendasi guru, sampel yang terpilih kelas XI TKR 1 dengan jumlah 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu modul ajar, angket gaya belajar, angket minat belajar, serta soal tes. Analisis data penelitian ini menggunakan uji deskriptif untuk mengetahui minat belajar dan hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran berdiferensiasi dilakukan. Kemudian uji regresi linear sederhana untuk mengetahui adanya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi di kelas XI TKR SMK PGRI 1 Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata skor angket minat belajar dalam pembelajaran berdiferensiasi sebesar 81,74, yang termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan rata – rata skor hasil belajar matematika dalam pembelajaran berdiferensiasi sebesar 63,96, yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil uji regresi linear sederhana mendapatkan nilai signifikan sebesar 0,600, artinya lebih besar dari 0,05 atau 0,600 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini juga diperkuat dalam output koefisien determinasi yang memperoleh nilai R Square sebesar 0,011 yang berarti minat belajar hanya mempengaruhi hasil belajar matematika sebesar 1,1% sedangkan 98,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor lain seperti motivasi belajar, sikap terhadap pelajaran, dan kondisi lingkungan lebih dominan dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: ROFI NUR CAHYANINGRUM
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:32
Last Modified: 12 Aug 2025 06:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18804

Actions (login required)

View Item View Item