Lutfi Laili, Rika Ayu Lutfi (2023) Efektivitas Metode Drill And Practice Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas 1 di SDN Gedangsewu 3 Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
932611819_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
932611819_bab1.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
932611819_bab2.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
932611819_bab3.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
932611819_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
![]() |
Text
932611819_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
![]() |
Text
932611819_bab6.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
932611819_daftarpustaka.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text
932611819_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
![]() |
Text
932611819_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (193kB) |
Abstract
Rika Ayu Lutfi Laili, 932611819. Dosen Pembimbing I Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I, Dosen Pembimbing II Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd. Efektivitas Metode Drill And Practice Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas 1 Di SDN Gedangsewu 3 Kabupaten Kediri. Institut Agam Islam Negeri Kediri, Fakultas Tarbiyan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Kemampuan membaca merupakan salah satu keterampilan inti dalam proses pendidikan. Kemampuan membaca yang baik menjadi dasar bagi kesuksesan belajar siswa di seluruh mata pelajaran. Oleh karena itu, pengembangan kemampuan membaca pada usia dini sangat penting karena ini adalah periode awal dalam perkembangan literasi siswa. Namun pada kenyataannya banyak diantara siswa kelas 1 yang masih belum bisa membaca dengan baik dan benar.. Oleh karena itu, sangat perlu dilakukan langkah untuk memperbaiki kemampuan baca siswa kelas 1. Metode drill and practice adalah pendekatan yang telah digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa yang didasarkan pada prinsip pemberian latihan dan repetisi yang terfokus. Siswa diberikan kesempatan untuk berlatih membaca berulang-ulang dengan bahan yang relevan. Melalui metode ini diharapkan kemampuan membaca siswa dapat ditingkatkan. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode drill and practice pada siswa kelas 1 di SDN Gedangsewu 3 Kabupaten Kediri. Serta untuk mengetahui efektivitas penerapan metode drill and practice dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas 1 di SDN Gedangsewu Kabupaten Kediri 3 Kabupaten Kediri. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan memakai 3 metode pengumpulan data yaitu metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Selain itu pada penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi berupa triangulasi sumber, waktu dan metode. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1).Penerapan metode drill and practice di SDN Gedangsewu 3 dimulai dengan membuat perencanaan yang dilakukan oleh para guru kelas 1, pada saat libur semester. Tujuannya adalah agar perangkat pembelajaran sudah siap digunakan ketika awal masuk pembelajaran tanpa mengganggu jadwal pelajaran. Setelah persiapan selesai, tahap berikutnya adalah pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode drill and practice, yang menekankan latihan yang terus menerus. Guru memberikan bacaan yang akan siswa baca berulang-ulang, di mana lama dan seberapa sering siswa melakukannya disesuaikan dengan kesiapan masing-masing. Evaluasi dilakukan dengan menyuruh siswa membaca di depan guru. Jika terdapat kesalahan, siswa diminta untuk mengulang bacaan hingga kesalahan tersebut diminimalkan.(2).Metode Drill and Practice dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas 1 di SDN Gedangsewu 3 seperti dapat meningkatkan kecepatan membaca, mengembangkan kosa kata pada siswa, dan meningkatkan keterampilan membaca kritis. Selain itu juga dapat Meningkatkan motivasi danpercaya diri dan Mengatasi Kesulitan Membaca yaitu dapat membedakan huruf d dan huruf b dan tidak melakukan kesalahan pengucapan. Kata Kunci : Metode Drill And Practice, Kemampuan Membaca, Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | RIKA AYU LUTFI LAILI |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 02:23 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 02:23 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18788 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |