Efektivitas Problem Based Learning Berbantuan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Di SMA Negeri 1 Nganjuk

Noviani, Anisa Sri (2025) Efektivitas Problem Based Learning Berbantuan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Di SMA Negeri 1 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21204009_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21204009_bab1.pdf

Download (401kB)
[img] Text
21204009_bab2.pdf

Download (486kB)
[img] Text
21204009_bab3.pdf

Download (692kB)
[img] Text
21204009_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21204009_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
21204009_bab6.pdf

Download (312kB)
[img] Text
21204009_daftarpustaka.pdf

Download (493kB)
[img] Text
21204009_suratpernyataanupload.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Problem Based Learning berbantuan metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematismatematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitartif dengan metode yang digunakan adalah Quasi Eskperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI-3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, modul ajar, dan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematismatematis. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Mann Whitney untuk mengetahui perbedaan antara pretest dan posttest kedua kelas. Kemudian setelah diketahui perbedaanya untuk mengetahui efektivan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan metode mind mapping dan model pembelajaran konvensional menggunakan uji N-gain. Hasil pretest kelas eksperimen mendapatkan skor rata-rata sebesar 29,9389. Hasil pretest kelas kontrol mendapatkan skor rata-rata 18,0528. Hasil posttest kelas eksperimen mendapatkan skor rata-rata sebesar 74,0556. Hasil posttest kelas kontrol mendapatkan skor rata-rata sebesar 19,3622. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan bahwa hasil sig 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan siswa yang mengikuti kelas eksperimen dengan siswa yang mengikuti kelas kontrol. Kemudian berdasarkan hasil uji N-gain pada kelas eksperimen meperoleh hasil sebesar 0,5954 dan pada kelas kontrol memperoleh hasil -0,0059. Berdasarkan hasil rata-rata N-gain pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, maka dapat diartikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan metode mind mapping lebih efektif dalam meningkatkan kemamuan berpikir kreatif matematis siswa di SMA Negeri 1 Nganjuk.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Anisa Sri Noviani
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:36
Last Modified: 12 Aug 2025 06:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18783

Actions (login required)

View Item View Item