Analisis Tingkatan Tema dan Argumentasi dalam Cerpen Karya Siswa Kelas XI di MAN 2 Nganjuk

Hidayah, Nurul (2025) Analisis Tingkatan Tema dan Argumentasi dalam Cerpen Karya Siswa Kelas XI di MAN 2 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21207029_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21207029_bab1.pdf

Download (340kB)
[img] Text
21207029_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
21207029_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
21207029_bab4.pdf

Download (219kB)
[img] Text
21207029_daftarpustaka.pdf

Download (189kB)
[img] Text
21207029_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
21207029_LembarPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkatan tema dan jenis paragraf argumentasi dalam cerpen karya siswa kelas XI MAN 2 Nganjuk. Kajian difokuskan pada penerapan teori tingkatan tema menurut Shipley yang meliputi lima kategori: tema fisik, organik, sosial, egoik, dan divine, serta pada identifikasi pola paragraf argumentatif deduktif dan induktif sebagaimana dijelaskan oleh Keraf. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berbasis studi pustaka, dengan data utama berupa cerpen karya siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu mengeksplorasi tema yang beragam, dengan dominasi tema egoik, diikuti oleh tema sosial, fisik, spiritual, dan organik. Selain itu, ditemukan penggunaan pola paragraf deduktif dalam menyampaikan gagasan utama secara langsung, serta pola induktif yang mengarahkan pembaca menyimpulkan pesan dari uraian naratif. Temuan ini mencerminkan kemampuan siswa dalam membangun cerpen secara logis dan ekspresif, serta memperlihatkan kecenderungan mereka menggunakan cerpen sebagai media untuk menyuarakan konflik internal dan sosial yang mereka alami.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200408 Linguistic Structures (incl. Grammar, Phonology, Lexicon, Semantics) ; Struktur Linguistik (incl : Tata Bahasa, Fonologi, Leksikon, Semantik) > 20040804 Semantics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: NURUL HIDAYAH
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:41
Last Modified: 11 Aug 2025 03:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18775

Actions (login required)

View Item View Item