Putri, Melati Berliana (2024) Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berkonteks Budaya Berdasarkan Gender. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
20204051_prabab.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
20204051_bab1.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
20204051_bab2.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
20204051_bab3.pdf Download (943kB) |
![]() |
Text
20204051_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) |
![]() |
Text
20204051_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
![]() |
Text
20204051_bab6.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
20204051_daftarpustaka.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
20204051_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
20204051_sp.pdf Download (73kB) |
Abstract
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam mengerjakan soal matematika. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam menyelesaikan soal HOTS berbasis budaya. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi pada penelitian ini adalah sekolah negeri dan sekolah swasta Sekolah Menengah Pertama di Kota Kediri dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling berdasarkan strata tertentu yaitu gender. Ukuran sampel pada penelitian ini sejumlah 247 siswa yang tersebar di 10 sekolah negeri dan sekolah swasta serta terdiri dari 131 siswa laki-laki dan 116 siswa perempuan. Instrumen penelitian untuk mengukur kemampuan representasi matematis adalah tes yang berisikan soal HOTS berkonteks budaya dengan materi matematika dan keterkaitan konteks budaya Kediri dengan kompetensi minimal kelas VII serta diuji coba kepada 6 siswa.Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji non parametrik berupa uji mann-whitney u yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan representasi matematis siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam menyelesaikan soal HOTS berkonteks budaya. Pada hasil analisis deskriptif dapat diketahui bahwa rata-rata kemampuan representasi matematis siswa perempuan lebih unggul daripada kemampuan representasi matematis siswa laki-laki. Selain itu, jika dilihat pada tiap indikator kemampuan representasi matematis siswa laki-laki lebih unggul pada kemampuan representasi visual, sedangkan siswa perempuan lebih unggul pada kemampuan representasi kata-kata. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan lebih mengenai kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berkonteks budaya. Selain itu, dapat menjadi bahan pertimbangan dalam kegiatan belajar mengajar seperti pada pemilihan bahan ajar, media pembelajaran, atau strategi pembelajaran yang digunakan agar pelaksanaan kegiatan tersebut dapat lebih efektif, proaktif dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0104 Statistics > 010406 Stochastic Analysis and Modelling (Analisis dan Pemodelan Stochastic) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | MELATI BERLIANA PUTRI |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:23 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:23 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |