Penggunaan wordwall sebagai media pembelajaran PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di MTsQ Roudlotul Ihsan

Faizah, Andrea Safinatul (2025) Penggunaan wordwall sebagai media pembelajaran PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di MTsQ Roudlotul Ihsan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201061_PRABAB.pdf

Download (781kB)
[img] Text
21201061_BAB1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
21201061_BAB2.pdf

Download (259kB)
[img] Text
21201061_BAB3.pdf

Download (299kB)
[img] Text
21201061_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
21201061_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
21201061_BAB6.pdf

Download (229kB)
[img] Text
21201061_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
21201061_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (118kB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTsQ Roudlotul Ihsan masih cukup monoton yang mengakibatkan siswa kurang aktif saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang inovatif untuk mendorong partisipasi aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media wordwall dalam pembelajaran PAI serta dampaknya terhadap keaktifan belajar siswa. Kontribusi penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi praktis bagi guru dalam menyediakan alternatif media pembelajaran yang efektif dan interaktif untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, seluruh data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi wordwall dilakukan secara terstruktur, dimulai dari perencanaan konten berbasis capaian pembelajaran, penggunaan strategi fleksibel sesuai situasi kelas, hingga pelaksanaan teknis di laboratorium komputer dengan bimbingan langsung dari guru. Media wordwall juga terbukti mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa, baik melalui kerja individu maupun kolaboratif. Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar guru PAI dapat lebih kreatif dalam menggunakan platform digital supaya keaktifan belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ANDREA SAFINATUL FAIZAH
Date Deposited: 12 Sep 2025 09:14
Last Modified: 12 Sep 2025 09:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18767

Actions (login required)

View Item View Item