Fadhilah, Muhimmatul (2025) Pengembangan Media Pembelajaran "KODUT (Kotak Sudut)" Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sudut Kelas III MI Islamiyah II Badas. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206011_prabab.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
21206011_bab1.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
21206011_bab2.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
21206011_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
![]() |
Text
21206011_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21206011_bab5.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
21206011_daftarpustaka.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
21206011_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
21206011_suratpersetujuapublikasi.pdf Download (151kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran KODUT (Kotak Sudut) pada materi sudut kelas III. Adapun latar belakang dari penelitian ini yaitu kurangnya pemanfaatan media yang inovatif dalam proses pembelajaran serta rendahnya hasil belajar siswa pada materi sudut. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran visual yaitu KODUT (Kotak Sudut) untuk membantu proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) Untuk mengetahui prosedur pengembangan media KODUT (Kotak Sudut) untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Untuk mengetahui kelayakan media KODUT (Kotak Sudut) materi sudut (3) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran KODUT (Kotak Sudut) bagi peserta didik kelas III MI Islamiyah II Badas.Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yakni Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini dilakukan di kelas III MI Islamiyah II Badas dengan jumlah subyek penelitian adalah 23 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pengembangan media KODUT (Kotak Sudut) dengan analisis kebutuhan, kurikulum, serta karakteritik peserta didik. Desain media menggunakan Canva, dicetak secara visual, serta diimplemnetasikan pada saat proses pembelajaran. (2) Hasil kelayakan dari validator ahli media diperoleh presentae 85,3% dengan kategori sangat layak. Perolehan hasil dari validator ahli materi adalah 78% dengan kategori layak. Selain validator ahli media dan materi juga dilakukan validasi terhadap ahli pembelajaran dengan perolehan presentase 98% dengan kategori layak. Sedangkan hasil presentase respon peserta didik kelompok kecil yaitu 96% dengan kategori sangat layak dan hasil presentase respon kelompok besar yaitu 94% dengan kategori sangat layak. (3) Hasil analisis data menujukkan terdapat peningkatan dalam hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest kelompok kecil 47,5% menjadi 92% dan kelompok besar diperoleh 42,7% meningkat menjadi 87,7% dengan hasil N-Gain score 0,79 atau 79% yang dikategorikan “Efektif” dan mencapai tingkatan “Tinggi”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pemebalajaran KODUT (Kotak Sudut) dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas III pada materi sudut di MI Islamiyah II Badas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | MUHIMMATUL FADHILAH |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 06:17 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 06:17 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18723 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |