Humaida, Asna (2025) Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di MTs Negeri 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21204053_prabab.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
21204053_bab1.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
21204053_bab2.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text
21204053_bab3.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
21204053_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
21204053_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
![]() |
Text
21204053_bab6.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
21204053_daftarpustaka.pdf Download (202kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas VIII MTsN 2 Kota Kediri. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan salah satu guru matematika di MTs Negeri 2 Kota Kediri menunjukkan bahwa capaian siswa dalam menyelesaikan soal matematika, khususnya pada materi dasar aljabar yaitu Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di kelas VIII F MTs Negeri 2 Kota Kediri, tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini terdiri dari perwakilan 2 subjek kategori tinggi, sedang, dan rendah. Data penelitian dikumpulkan dari hasil tes dan wawancara yang digunakan untuk memperoleh data kualititatif tentang kemampuan berpikir aljabar dalam menyelesaikan soal HOTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir aljabar dalam menyelesaikan soal HOTS kategori tinggi pada level kognitif C4, C5, dan C6 telah memenuhi semua indikator kemampuan berpikir aljabar,meliputi generalisasi, abstraksi, berpikir analitis, berpikir dinamis, pemodelan, dan pengorganisasian. (2) kemampuan berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan soal HOTS kategori sedang menunjukkan hasil yang bervariasi pada setiap level kognitif. Pada level kognitif C4, siswa mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir aljabar, meliputi generalisasi, abstraksi, berpikir analitis, pemodelan, dan pengorganisasian. Pada level kognitif C5, siswa mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir aljabar, meliputi generalisasi, abstraksi, berpikir analitis, dan pemodelan. Sedangkan level kognitif C6, siswa mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir aljabar, meliputi generalisasi dan abstraksi. (3) Kemampuan berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan soal HOTS kategori rendah menunjukkan hasil yang bervariasi pada setiap level kognitif. Pada level kognitif C4 dan C5, siswa mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir aljabar, meliputi generalisasi. Sedangkan level kognitif C6, siswa tidak mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir aljabar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | ASNA HUMAIDA |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 04:55 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 04:55 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18722 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |