Prasanti, Yuliana (2025) Analisis Kesulitan Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bilangan Rasional Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis (KAM). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21204057_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21204057_bab1.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
21204057_bab2.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
21204057_bab3.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text
21204057_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21204057_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
![]() |
Text
21204057_bab6.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
21204057_daftarpustaka.pdf Download (246kB) |
Abstract
Matematika kerap dianggap membosankan oleh siswa, sehingga kemampuan menyelesaikan soal cerita menjadi rendah dan menimbulkan berbagai kesulitan yang dipengaruhi oleh kemampuan awal matematis. Kemampuan awal matematis siswa memiliki peran penting dalam kemampuan penyelesaian soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesulitan siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita bilangan rasional ditinjau dari kemampuan awal matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilaksanakan di MTsN 1 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara dengan siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan awal matematis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan awal matematis, tes kesulitan, dan pedoman wawancara semi-terstruktur. Pemilihan subjek dilakukan dengan cara teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek berkemampuan awal matematis tinggi mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal pada soal cerita dengan topik bahasan perkalian, dan pembagian. Subjek berkemampuan awal matematis sedang mengalami kesulitan dalam menggunakan prinsip pada topik bahasan penjumlahan dan pengurangan, serta kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal pada soal cerita dengan topik bahasan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Sedangkan, subjek berkemampuan awal matematis rendah mengalami kesulitan dalam menggunakan konsep pada soal cerita dengan topik bahasan pembagian, kesulitan dalam menggunakan prinsip dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal pada soal cerita dengan topik bahasan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII MTsN 1 Kota Kediri masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita bilangan rasional. Secara umum, hasil penelitian ini juga mengindikasikan bahwa kemampuan awal matematis memiliki peran krusial dalam menentukan jenis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bilangan rasional. Penelitian ini dapat dijadikan landasan pengembangan strategi pembelajaran matematika pada penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | YULIANA PRASANTI |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 04:56 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 04:56 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |