Mevia, Erla Arta (2025) Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Kelas X Di MAN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201182_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21201182_bab1.pdf Download (535kB) |
![]() |
Text
21201182_bab2.pdf Download (739kB) |
![]() |
Text
21201182_bab3.pdf Download (545kB) |
![]() |
Text
21201182_bab4.docx Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
21201182_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
![]() |
Text
21201182_bab6.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text
21201182_daftarpustaka.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
21201182_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
21201182_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (205kB) |
Abstract
Pendidikan akhlak memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik agar menjadi individu yang berakhlakul karimah. Guru akidah akhlak memiliki tanggung jawab besar dalam menanamkan nilai-nilai moral dan etika kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa kelas X di MAN 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru akidah akhlak kelas X di MAN 1 Kota Kediri merencanakan strategi pembinaan akhlakul karimah melalui penyusunan program dan metode pembelajaran yang sesuai kurikulum yang ada. Pelaksanaan strategi dilakukan secara terstruktur di lingkungan sekolah dan memberikan dampak positif terhadap perubahan perilaku siswa, serta menjadikan kegiatan positif sebagai kebiasaan sehari-hari. Pada hasil pelaksanaan startegi menunjukkan terjadinya peningkatan akhlak peserta didik, baik dari sikap maupun perilaku, dan kesadaran dalam mengamalkan nilai-nilai akhlakul karimah. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa strategi yang diterapkan oleh guru akidah akhlak di MAN 1 Kota Kediri efektif dalam membina akhlakul karimah siswa. Implementasi strategi yang tepat dan konsisten dapat membantu siswa dalam membangun karakter yang baik sesuai dengan nilai-nilai Islam. Kata Kunci: Strategi Guru, Akidah Akhlak, Pembinaan, Akhlakul Karimah, Pendidikan Karakter, Metode Pembelajaran, MAN 1 Kota Kediri
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ERLA ARTA MEVIA |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 06:43 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 06:43 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18715 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |