STUDI KOMPARATIF PENGGUNAAN APLIKASI PHOTOMATH DAN QANDA TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR

Sulistiani, Elvi (2023) STUDI KOMPARATIF PENGGUNAAN APLIKASI PHOTOMATH DAN QANDA TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932304919_PRABAB.pdf

Download (918kB)
[img] Text
932304919_BAB1.pdf

Download (455kB)
[img] Text
932304919_BAB2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932304919_BAB3.pdf

Download (698kB)
[img] Text
932304919_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
932304919_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
932304919_BAB6.pdf

Download (188kB)
[img] Text
932304919_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text
932304919_LAMPIRAN.pdf

Download (29MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)

Abstract

Kata Kunci: aplikasi Photomath, aplikasi Qanda, kemampuan problem solving, limit fungsi aljabar. Teknologi mempunyai peranan penting terhadap pembelajaran di sekolah. Teknologi berupa aplikasi matematika yang berkembang pesat dan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan soal matematika seperti Maple, Mathematica, MathLab, Qanda dan Photomath. Aplikasi Photomath dan Qanda cukup populer dikalangan siswa khususnya siswa menengah atas. Sebagian siswa menjadikan aplikasi matematika seperti Photomath maupun Qanda sebagai aplikasi yang digunakan untuk membantu dan mengkoreksi jawaban persoalan matematika serta memahami rumus atau langkah pengerjaan khususnya pada materi limit fungsi aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan problem solving siswa antara mengunakan aplikasi Photomath dan Qanda pada materi limit fungsi aljabar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperiment Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMKN 1 Semen Kediri yang terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, sehingga dari seluruh populasi dipilih dua kelas sebagai kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan menggunakan aplikasi Photomath, sedangkan kelas eksperimen 2 diberikan perlakuan dengan menggunakan aplikasi Qanda. Hasil penelitian ini yaitu tidak terdapat pebedaan skor kemampuan problem solving siswa antara mengunakan aplikasi Photomath dan Qanda pada materi limit fungsi aljabar. Data yang dianalisis berdasarkan hasil posttest siswa dengan menggunakan uji independent sample t-test, didapatkan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) > 0,05 [0,282 > 0,05] yang artinya tidak ada perbedaan skor kemampuan problem solving siswa antara mengunakan aplikasi Photomath dan Qanda. Serta uji N-Gain didapatkan nilai rata-rata n-gain score kelas eksperimen 1 adalah 0,33 dengan kriteria sedang dan nilai rata-rata n-gain score kelas eksperimen 2 adalah 0,27 dengan kriteria rendah. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan problem solving siswa pada kedua kelas eksperimen meskipun tidak signifikan, yang mana kelas yang menggunakan aplikasi Photomath terjadi peningkatan nilai lebih banyak dibanding kelas yang menggunakan aplikasi Qanda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan skor kemampuan problem solving siswa antara yang mengunakan aplikasi Photomath dan Qanda pada materi limit fungsi aljabar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0101 Pure Mathematics (Matematika Murni) > 010101 Algebra and Number Theory (Aljabar dan Teori Bilangan)
01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0101 Pure Mathematics (Matematika Murni) > 010108 Operator Algebras and Functional Analysis (Aljabar Operator dan Analisis Fungsional)
01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0103 Numerical and Computational mathematics (Matematika numerik dan Komputasi) > 010301 Numerical Analysis (Analisis numerik)
01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0103 Numerical and Computational mathematics (Matematika numerik dan Komputasi) > 010302 Numerical Solution of Differential and Integral Equations (Solusi Numerik Persamaan Diferensial dan Integral)
01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Elvi Sulistiani
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:55
Last Modified: 07 Aug 2025 02:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18710

Actions (login required)

View Item View Item