Sulistiani, Elvi (2023) STUDI KOMPARATIF PENGGUNAAN APLIKASI PHOTOMATH DAN QANDA TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
![]() |
Text
932304919_PRABAB.pdf Download (918kB) |
![]() |
Text
932304919_BAB1.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
932304919_BAB2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
932304919_BAB3.pdf Download (698kB) |
![]() |
Text
932304919_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
![]() |
Text
932304919_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text
932304919_BAB6.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
932304919_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
932304919_LAMPIRAN.pdf Download (29MB) |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.doc Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
Abstract
Kata Kunci: aplikasi Photomath, aplikasi Qanda, kemampuan problem solving, limit fungsi aljabar. Teknologi mempunyai peranan penting terhadap pembelajaran di sekolah. Teknologi berupa aplikasi matematika yang berkembang pesat dan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan soal matematika seperti Maple, Mathematica, MathLab, Qanda dan Photomath. Aplikasi Photomath dan Qanda cukup populer dikalangan siswa khususnya siswa menengah atas. Sebagian siswa menjadikan aplikasi matematika seperti Photomath maupun Qanda sebagai aplikasi yang digunakan untuk membantu dan mengkoreksi jawaban persoalan matematika serta memahami rumus atau langkah pengerjaan khususnya pada materi limit fungsi aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan problem solving siswa antara mengunakan aplikasi Photomath dan Qanda pada materi limit fungsi aljabar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperiment Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMKN 1 Semen Kediri yang terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, sehingga dari seluruh populasi dipilih dua kelas sebagai kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan menggunakan aplikasi Photomath, sedangkan kelas eksperimen 2 diberikan perlakuan dengan menggunakan aplikasi Qanda. Hasil penelitian ini yaitu tidak terdapat pebedaan skor kemampuan problem solving siswa antara mengunakan aplikasi Photomath dan Qanda pada materi limit fungsi aljabar. Data yang dianalisis berdasarkan hasil posttest siswa dengan menggunakan uji independent sample t-test, didapatkan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) > 0,05 [0,282 > 0,05] yang artinya tidak ada perbedaan skor kemampuan problem solving siswa antara mengunakan aplikasi Photomath dan Qanda. Serta uji N-Gain didapatkan nilai rata-rata n-gain score kelas eksperimen 1 adalah 0,33 dengan kriteria sedang dan nilai rata-rata n-gain score kelas eksperimen 2 adalah 0,27 dengan kriteria rendah. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan problem solving siswa pada kedua kelas eksperimen meskipun tidak signifikan, yang mana kelas yang menggunakan aplikasi Photomath terjadi peningkatan nilai lebih banyak dibanding kelas yang menggunakan aplikasi Qanda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan skor kemampuan problem solving siswa antara yang mengunakan aplikasi Photomath dan Qanda pada materi limit fungsi aljabar.
Actions (login required)
![]() |
View Item |