EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI METODE AT TARTIL DI TPQ AR-ROHMAN PLEMAHAN

Sa'adah, Nuruz (2025) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI METODE AT TARTIL DI TPQ AR-ROHMAN PLEMAHAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201010_PRABAB.pdf

Download (798kB)
[img] Text
21201010_BAB 1.pdf

Download (452kB)
[img] Text
21201010_BAB 2.pdf

Download (443kB)
[img] Text
21201010_BAB 3.pdf

Download (523kB)
[img] Text
21201010_BAB 4.pdf

Download (769kB)
[img] Text
21201010_BAB 5.pdf

Download (347kB)
[img] Text
21201010_BAB 6.pdf

Download (227kB)
[img] Text
21201010_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
21201010_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21201010_PERNYATAAN UPLOAD KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui implementasi pembelajaran Al- Qur’an menggunakan metode At-Tartil di TPQ Ar-Rohman Plemahan. 2) mengetahui efektivitas implementasi pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode At-Tartil di TPQ Ar-Rohman Plemahan. Sesuai dengan fokus penelitian yang diangkat, penulis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif lapangan (field research) dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi yaitu gabungan antara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang sudah dikemukakan sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan diantaranya : 1.Penerapan metode At-Tartil di TPQ Ar-Rohman Plemahan dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan standar yang telah ditentukan oleh BMQ At-Tartil pusat seperti standar yang harus dicapai santri, sistem pembelajaran menggunakan silabus metode At-Tartil dan guru yang sudah bersyahadah At-Tartil. 2. Tingkat efektivitas penerapan metode At-Tartil di TPQ Ar-Rohman mendapatkan hasil yang efektif. Efektifitas diterapkannya metode At-Tartil di TPQ Ar-Rohman dibuktikan dengan hasil belajar santri yang sudah mencapai standar yang ditetapkan yaitu mampu membedakan makharijul huruf dan mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid yang benar. Keefektifan ini terwujud karena guru yang memahami cara penerapan metode At-Tartil yang benar dan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan prosedur pembelajaran metode At-Tartil.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NURUZ SA`ADAH
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:24
Last Modified: 11 Aug 2025 02:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18660

Actions (login required)

View Item View Item