Ulya, Fitrotul (2025) Implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri di TPQ Nurul Ulum Prayungan Kunjang Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201045_PRABAB.pdf Download (753kB) |
![]() |
Text
21201045_BAB1.pdf Download (601kB) |
![]() |
Text
21201045_BAB2.pdf Download (695kB) |
![]() |
Text
21201045_BAB3.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
21201045_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21201045_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) |
![]() |
Text
21201045_BAB6.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
21201045_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text
21201045_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (117kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah menurunnya minat anak dalam belajar membaca al-Qur’an yang dipengaruhi oleh faktor keluarga, lingkungan, dan kemajuan teknologi, khususnya penggunaan gadget. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan implementasi Metode Tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri di TPQ Nurul Ulum, Prayungan, Kunjang, Kediri. 2) mendeskripsikan hasil pembelajaran Metode Tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri di TPQ Nurul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap ustadzah, santri, dan wali santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi Metode Tilawati dilakukan melalui pembelajaran klasikal dan individual menggunakan pendekatan lagu rost dan teknik baca-simak. Proses pembelajaran dilengkapi dengan media pembelajaran seperti buku Tilawati, peraga, dan sistem evaluasi bertahap 2) metode ini terbukti efektif meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri, meliputi aspek tajwid, makharijul huruf, sifatul huruf, dan tartil. Selain itu, metode ini juga berhasil mengatasi tantangan usia dini dan waktu pembelajaran yang bertepatan dengan jam tidur anak. Keberhasilan metode ini terlihat dari peningkatan kemampuan santri dan diadakannya wisuda santri setiap tahun. Dengan demikian, Metode Tilawati menjadi solusi strategis dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur’an secara sistematis dan menyenangkan di tengah tantangan pendidikan modern.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | FITROTUL ULYA |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 09:14 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 09:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18655 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |