MANAJEMEN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM PUSAT KEUNGGULAN PADA JURUSAN KECANTIKAN DI SMKN 3 KOTA KEDIRI

Jannah, Syifa Nur (2025) MANAJEMEN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM PUSAT KEUNGGULAN PADA JURUSAN KECANTIKAN DI SMKN 3 KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
21205111_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21205111_bab1.pdf

Download (643kB)
[img] Text
21205111_bab2.pdf

Download (660kB)
[img] Text
21205111_bab3.pdf

Download (632kB)
[img] Text
21205111_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21205111_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text
21205111_bab6.pdf

Download (506kB)
[img] Text
21205111_daftarpustaka.pdf

Download (619kB)
[img] Text
21205111_lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21205111_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)

Abstract

Syifa Nur Jannah, Dosen Pembimbing Nurul Hudha Purnomo, M.Pd. dan Siska Yulia Weny, M.Ak.: Manajemen peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik melalui Program Pusat Keunggulan pada Jurusan Kecantikan di SMKN 3 Kota Kediri. Manajemen Pendidikan Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata kunci: Prestasi Belajar, Program SMK Pusat Keunggulan, Jurusan Kecantikan Peningkatan mutu pendidikan menjadi fokus utama dalam dunia pendidikan, terutama dalam menghadapi tantangan global dan kebutuhan dunia kerja yang terus berkembang. Salah satu indikator penting dalam pencapaian mutu pendidikan adalah prestasi belajar peserta didik. Prestasi ini tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan akademik peserta didik, tetapi juga oleh peran strategis tenaga pendidik dan manajemen sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Guru memiliki peran sebagai fasilitator pembelajaran, sedangkan kepala sekolah bertanggung jawab dalam mengelola dan mengarahkan seluruh sumber daya melalui penerapan fungsi-fungsi manajerial, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. SMKN 3 Kota Kediri, khususnya pada jurusan Kecantikan, menjadi salah satu sekolah yang menunjukkan kemajuan signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar melalui partisipasinya dalam Program SMK Pusat Keunggulan (PK). Program ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas sekolah vokasi agar mampu menghasilkan lulusan yang unggul, kompeten, dan siap bersaing di dunia kerja. Oleh karena itu, penting untuk mengkaji bagaimana implementasi fungsi-fungsi manajemen di SMKN 3 Kota Kediri dalam mendukung peningkatan prestasi belajar peserta didik jurusan Kecantikan melalui Program PK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru Jurusan Kecantikan di SMKN 3 Kota Kediri. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta uji keabsahan data menggunakan teknik observasi berkesinambungan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen perencanaan peningkatan prestasi belajar dilakukan dengan merancang strategi bersama guru dan mitra industri untuk menciptakan lulusan yang sesuai dengan visi sekolah dan kebutuhan dunia kerja; (2) Manajemen pengorganisasian melibatkan pembentukan tim kerja yang solid, peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan dan seminar; (3) Manajemen penggerakan mencakup sinkronisasi kurikulum dengan standar industri, pengembangan kompetensi guru, serta penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran; dan (4) Manajemen pengawasan dilakukan melalui pemantauan rutin dan evaluasi berkala oleh kepala sekolah dan tim, guna menjaga dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: SYIFA NUR JANNAH
Date Deposited: 01 Aug 2025 06:31
Last Modified: 01 Aug 2025 06:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18651

Actions (login required)

View Item View Item