Pengembangan Bahan Ajar Sipena (Sistem Pencernaan Edukasi Digital) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MIN 1 Kota Kediri

Yasyfa, Nilna Kafita (2025) Pengembangan Bahan Ajar Sipena (Sistem Pencernaan Edukasi Digital) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MIN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206055_prabab.pdf

Download (757kB)
[img] Text
21206055_bab1.pdf

Download (380kB)
[img] Text
21206055_bab2.pdf

Download (480kB)
[img] Text
21206055_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
21206055_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
21206055_bab5.pdf

Download (268kB)
[img] Text
21206055_daftarpustaka.pdf

Download (4MB)
[img] Text
21206055_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (2).pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada muatan materi sistem pencernaan manusia. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk (1) Mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar Sipena untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di MIN 1 Kota Kediri pada materi sistem pencernaan manusia (2) Mengetahui kelayakan pengembangan bahan ajar Sipena untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di MIN 1 Kota Kediri pada materi sistem pencernaan manusia (3) Mengetahui keefektivan bahan ajar Sipena untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di MIN 1 Kota Kediri pada materi sistem pencernaan manusia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development atau R&D. Dengan model penelitian menggunakan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi.Hasil pengembangan bahan ajar Sipena menunjukkan bahwa (1) pengembangan bahan ajar Sipena menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yang disertai dengan petunjuk penggunaan di dalam bahan ajar guna untuk mempermudah peserta didik dan pendidik dalam penerapan bahan ajar; (2) Kelayakan media dapat dilihat dari validasi materi sebesar 86% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli media sebesar 86,6% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi evaluasi soal pretest-posttest sebesar 72,7% dengan kategori “layak”. Serta hasil validasi pengguna 93% dengan kategori sangat layak ; (3) Kefektifan bahan ajar di lihat dari uji kelompok kecil dan kelompok besar. Rata-rata pretest kelompok kecil pretest mendapatkan hasil nilai 64,5 dan posttest 92,8 sedangkan pada pretest uji kelompok besar mendapatkan hasil nilai 66,4 dan posttest 93,7. Selain itu, hasil uji wilcoxon kelompok kecil nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,041 yang berarti lebih kecil dari 0,05 dan hasil uji wilcoxon kelompok besar diketahui bahwa nilai Asymp Sig (2-tailed) <,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada pemahaman peserta didik sebelum dan setelah penggunaan media dan uji N-gain kelompok kecil mendapatkan hasil 0,79 dan kelompok besar mendapatkan hasil 0,81 yang dinyatakan kategori “tinggi” artinya bahan ajar Sipena mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES (Ilmu Biologi) > 0699 Other Biological Sciences > 069901 Forensic Biology
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NILNA KAFITA YASYFA
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:25
Last Modified: 01 Aug 2025 02:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18630

Actions (login required)

View Item View Item