Pengembangan Media Pembelajaran BOPINPAS (Box Pintar IPAS) Berbasis AR (Augmented Reality) Pada Mata Pelajaran IPAS “Berkenalan dengan Bumi Kita” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 MIN 1 Kota Kediri

Mahfuda, Sania (2025) Pengembangan Media Pembelajaran BOPINPAS (Box Pintar IPAS) Berbasis AR (Augmented Reality) Pada Mata Pelajaran IPAS “Berkenalan dengan Bumi Kita” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 MIN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206063_prabab.pdf

Download (715kB)
[img] Text
21206063_bab1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
21206063_bab2.pdf

Download (412kB)
[img] Text
21206063_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
21206063_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206063_bab5.pdf

Download (107kB)
[img] Text
21206063_daftar pustaka.pdf

Download (4MB)
[img] Text
21206063_pernyataan upload karya ilmiah (Surat Pernyataan Kesanggupan Upload Karya Ilmiah di Repository).pdf

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kurang tercapainya hasil belajar peserta didik karena kegiatan belajar mengajar yang terkesan monoton dan kurang menarik. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengembangan, kelayakan dan kefektifitasan media pembelajaran BOPINPAS berbasis AR (Augmented Reality) pada mata pelajaran IPAS “berkenalan dengan bumi kita” untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5A MIN 1 Kota Kediri. Pengembangan Bopinpas berbasis AR (Augmented Reality) dengan materi berkenalan dengan bumi kita sub bab kenampakan alam dan peristiwa akam menggunakan jenis metode penelitian R&D (Reasearch & Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang dimanfaatkan pada penelitian ini yaitu uji kelayakan, uji normalitas, uji wilcoxon dan uji N-Gain. Subjek uji coba penelitian ini yaitu 2 ahli materi, 1 ahli media, 1 ahli instrumen, dan kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan produk penelitian dan pemgembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE; 2) kelayakan produk dilihat dari hasil akhir validasi. Ahli materi 1 mendapat skore 89,23%, ahli materi 2 mendapat skor 98,46% yang artinya sangat layak. Ahli media mendapat skor 82,10% yang artinya sangat layak. Lalu ahli instrumen mendapat skor 93,33% yang berarti sangat layak. 3) keefektifan produk dilihat dari hasil analisis nilai pre-test dan post-test dengan menggunakan uji N-Gain. Skor yang didapat adalah 0,76 yang termasuk dalam kategori tinggi. Maka dari itu Bopinpas berbasis AR dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SANIA MAHFUDA
Date Deposited: 31 Jul 2025 04:28
Last Modified: 31 Jul 2025 04:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18603

Actions (login required)

View Item View Item