Mahfuda, Sania (2025) Pengembangan Media Pembelajaran BOPINPAS (Box Pintar IPAS) Berbasis AR (Augmented Reality) Pada Mata Pelajaran IPAS “Berkenalan dengan Bumi Kita” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 MIN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206063_prabab.pdf Download (715kB) |
![]() |
Text
21206063_bab1.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
21206063_bab2.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
21206063_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
![]() |
Text
21206063_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21206063_bab5.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
21206063_daftar pustaka.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
21206063_pernyataan upload karya ilmiah (Surat Pernyataan Kesanggupan Upload Karya Ilmiah di Repository).pdf Download (126kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kurang tercapainya hasil belajar peserta didik karena kegiatan belajar mengajar yang terkesan monoton dan kurang menarik. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengembangan, kelayakan dan kefektifitasan media pembelajaran BOPINPAS berbasis AR (Augmented Reality) pada mata pelajaran IPAS “berkenalan dengan bumi kita” untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5A MIN 1 Kota Kediri. Pengembangan Bopinpas berbasis AR (Augmented Reality) dengan materi berkenalan dengan bumi kita sub bab kenampakan alam dan peristiwa akam menggunakan jenis metode penelitian R&D (Reasearch & Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang dimanfaatkan pada penelitian ini yaitu uji kelayakan, uji normalitas, uji wilcoxon dan uji N-Gain. Subjek uji coba penelitian ini yaitu 2 ahli materi, 1 ahli media, 1 ahli instrumen, dan kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan produk penelitian dan pemgembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE; 2) kelayakan produk dilihat dari hasil akhir validasi. Ahli materi 1 mendapat skore 89,23%, ahli materi 2 mendapat skor 98,46% yang artinya sangat layak. Ahli media mendapat skor 82,10% yang artinya sangat layak. Lalu ahli instrumen mendapat skor 93,33% yang berarti sangat layak. 3) keefektifan produk dilihat dari hasil analisis nilai pre-test dan post-test dengan menggunakan uji N-Gain. Skor yang didapat adalah 0,76 yang termasuk dalam kategori tinggi. Maka dari itu Bopinpas berbasis AR dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | SANIA MAHFUDA |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:28 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 04:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18603 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |