Wifdaturrohmah, Dewi Putri Ayu (2025) Pengembangan Multimedia Interaktif Ruren Eco-game Berbasis Adobe Animate Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati Kelas VII MTsN 2 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
![]() |
Text
21208004_PRABAB.pdf Download (718kB) |
![]() |
Text
21208004_BAB I.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
21208004_BAB II.pdf Download (956kB) |
![]() |
Text
21208004_BAB III.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
21208004_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21208004_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
![]() |
Text
21208004_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
21208004_PENUTUP.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
Surat Peryataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
Abstract
Banyak guru yang masih menggunakan media konvensional saat mengajar materi abstrak yang membutuhkan media lain selain buku saja. Penggunaan media konvensional ini menyebabkan siswa kurang tertarik, sulit memahami materi dan merasa bosan,sehingga hasil belajar siswa kurang. Multimedia interaktif dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui prosedur pengembangan Multimedia interaktif Ruren Eco-game berbasis adobe animate dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati di MTsN 2 Nganjuk. (2) Mengetahui kelayakan Multimedia interaktif Ruren Eco-game berbasis adobe animate dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati di MTsN 2 Nganjuk. (3) Mengetahui keefektifan Multimedia interaktif Ruren Eco-game berbasis adobe animate dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati di MTsN 2 Nganjuk. Multimedia interaktif Ruren Eco-game merupakan gabungan berbagai elemen- elemen media seperti teks, audio, video dan gambar yang dikemas dalam sebuah aplikasi android. Di dalamnya terdapat menu kurikulum, materi, rangkuman, referensi, quiz dan Profil peneliti. Jenis penelitian ini adalah RnD dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate. Subjek penelitian ini adalah kelas VII 2 MTsN 2 Nganjuk yang berjumlah 31 siswa di data penelitian ditentukan dengan menggunakan wawancara guru IPA dan juga observasi lapangan. Teknik validasi multimedia melibatkan dua dosen Tadris IPA IAIN kediri dan satu guru IPA MTsN 2 Nganjuk dan 6 siswa kelas VII 2 MTsN 2 Nganjuk. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengukur tingkat ke validan adalah menggunakan skala likert pada penilaian validator ahli media, validator ahli materi dan penilaian respon peserta didik. Sedangkan untuk mengukur ke efektifan sebuah media ini dilakukan uji hipotesis dengan uji paired sample t-test dan uji N-Gain pada nilai pretest dan posttest. Hasil presentase rata-rata yang didapat dari validator ahli materi mencapai skor 91,95% dengan kategori sangat valid, validator ahli media sebesar 92,35% dengan kategori sangat valid, penilaian pengguna dari 6 siswa mencapai skor 95,6% dengan kategori sangat valid. Sedangkan persentase rata-rata dari uji keefektivan dari perhitungan uji paired sample t-test pada nilai pretest dan posttest siswa kelas VII-2 memiliki hasil sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu sebesar 0,001. Kemudian nilai N-Gain Score dari pengujian SPSS diperoleh hasil 0,7201 termasuk nilai N-Gain Tinggi. Maka multimedia interaktif Ruren Eco-game efektif dalam meningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES (Ilmu Biologi) > 0602 Ecology > 060207 Population Ecology |
Depositing User: | DEWI PUTRI AYU WIFDATUR ROHMAH |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 04:20 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 04:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |