Khusna, Fitria Asmaul (2025) Upaya guru pendidikan agama islam dalam membina akhlak peserta didik di MTs Miftahul Ulum Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201030_PRABAB.pdf Download (546kB) |
![]() |
Text
21201030_BAB1.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
21201030_BAB2.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
21201030_BAB3.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
21201030_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) |
![]() |
Text
21201030_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
![]() |
Text
21201030_BAB6.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
21201030_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
21201030_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
Abstract
Membina akhlak peserta didik di madrasah merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Berkaitan dengan hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini ialah untuk: (1) untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam membina akhlak peserta didik di MTs Miftahul Ulum, (2) untuk mendeskripsikan kendala guru PAI dalam membina akhlak peserta didik di MTs Miftahul Ulum Kota Kediri, (3) untuk mendeskripsikan solusi guru PAI untuk menghadapi kendala dalam membina akhlak peserta didik di MTs Miftahul Ulum Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ialah: (1) guru PAI membina akhlak peserta didik melalui pemberian motivasi, pembiasaan keagamaan, bakti sosial, dan teladan yang baik bagi peserta didik. (2) Kendala guru PAI dalam membina akhlak peserta didik diantaranya sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya komunikasi antara pihak madrasah dan orang tua, kurangnya kesadaran diri peserta didik, dan latar belakang peserta didik yang berbeda. (3) Solusi guru PAI untuk menghadapi kendala dalam membina akhlak peserta didik di MTs Miftahul Ulum Kota Kediri antara lain, memilih dan menentukan model strategi pembelajaran yang inovatif; melakukan pendekatan kepada peserta didik; komitmen bersama antara guru PAI, guru BK, dan Wali Kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | FITRIA ASMAUL KHUSNA |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:09 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:09 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18580 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |