Maharani, Figa Fitria (2020) Implementasi Program Boarding School Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SD Islam Miftahul Huda Keringan Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932112716 Pra Bab.pdf Download (532kB) |
|
Text
932112716 Bab 1.pdf Download (306kB) |
|
Text
932112716 Bab 2.pdf Download (215kB) |
|
Text
932112716 Bab 3.pdf Download (183kB) |
|
Text
932112716 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
Text
932112716 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
Text
932112716 Bab 6.pdf Download (164kB) |
|
Text
932112716 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
|
Text
932112716 Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan perlunya kemandirian yang harus dimiliki ssiwa untuk mengahadapi banyak hal dalam hidup yang harus diputuskan di masa depan. Lembaga pendidikan tidak hanya berkewajiban meningkatkan mutu akademis, akan tetapi ikut bertanggung jawab dalam membentuk karakter siswa. Untuk mencapai kemandirian siswa SD dibutuhkan kesempatan berkembang melalui latihan terus menerus, salah satunya melalui boarding school. Penelitian ini bertujuan(1) Mengetahui perencanaanboarding school dalam pembentukan karakter siswa. (2) Mengetahui penerapan program boarding school dalam pembentukan karakter siswa.(3) Mengetahui hasil penerapan program boarding school dalam pembentukan karakter siswa (4) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan program boarding school dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data yang telah diperoleh menggunakan trianggulasi sumber. Pengelolaan dan analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data selanjutnya verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Perencananboarding schoolini antara lain adalah menetapkan tujuan, recruitment ustadz/ustadzah, pembagian tugas kerja,pembiayaan program,rapat bersama dengan wali murid (2)Penerapannya diterapkan kedalam kegiatan harian dan kegiatan mingguan serta metode penerapannya.(3) Hasil di terapkannya program boarding school ini berdampak positif pada siswa. Dari hasil wawancara dengan kepala sekolah, pengurus pondok, dan wali muird, bahwa mereka merasakan perubahan karakter siswa, mereka tidak hanya menerapkannya di sekolah namun juga diterapkan di rumah. (4) faktor pendukung program boarding school yaitu adanya faktor lingkungan yang mendukung, saran prasaran yang mendukung, mendapatkan dukungan penuh dari wali murid, kebiasaan mereka yang sudah terbentuk selama di sekolah, dan SDM yang mendukung sedangkan faktor penghambatnya kurangnya kesadaran terhadap kedisiplinan dan masih melekatnya sifat manja pada siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 03 Dec 2020 05:26 |
Last Modified: | 03 Dec 2020 05:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1858 |
Actions (login required)
View Item |