Analisis Hubungan Literasi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Implementasi Teknik Think Pair Share Pada Siswa Kelas IV

Maskurun, Izzaty Ainul (2025) Analisis Hubungan Literasi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Implementasi Teknik Think Pair Share Pada Siswa Kelas IV. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206010_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21206010_bab1.pdf

Download (288kB)
[img] Text
21206010_bab2.pdf

Download (446kB)
[img] Text
21206010_bab3.pdf

Download (433kB)
[img] Text
21206010_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
21206010_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
21206010_bab6.pdf

Download (197kB)
[img] Text
21206010_daftar_pustaka.pdf

Download (187kB)
[img] Text
21206010_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
21206010_lembar_publish.pdf

Download (364kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di lapangan masih terdapat rendahnya kemampuan literasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika, hal ini membuat siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika dan menerapkan pengetahuan matematika dalam situasi nyata. Salah satu alternatif yang peneliti terapkan adalah melalui implementasi teknik Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah sebelum dan setelah melalui implementasi teknik Think Pair Share serta hubungan antara literasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV melalui implementasi teknik Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas kelas IV-B yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat literasi matematis siswa kelas IV berada pada kategori sedang ditunjukkan dengan hasil persentase nilai pretest yaitu 52% meningkat pada nilai posttest menjadi 72%. Sedangkan tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV berada pada kategori sedang ditunjukkan dengan hasil persentase nilai pretest yaitu 52% meningkat pada nilai posttest menjadi 60%. Adapun untuk hasil penelitian ini dapat membuktikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara literasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah implementasi teknik Think Pair Share ditunjukkan dengan uji korelasi Rank Spearman yaitu nilai sig. 0,048 < 0,05 dan nilai correlation sebesar 0,399. Sehingga, penarikan keputusan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah menerima H_a dan menolak H_0.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: IZZATY AINUL MASKURUN
Date Deposited: 12 Nov 2025 07:32
Last Modified: 12 Nov 2025 07:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18568

Actions (login required)

View Item View Item