Syahrul Romadhoni, Sevina (2025) Pengaruh Study Habits dan Motivasi Belajar Tehadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Kertosono. Undergraduate (S1) thesis, UIN SYEKH WASIL KEDIRI.
![]() |
Text
933425418_Prabab.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text
933425418_Bab 1.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
933425418_Bab 2.pdf Download (434kB) |
![]() |
Text
933425418_Bab 3.pdf Download (542kB) |
![]() |
Text
933425418_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
![]() |
Text
933425418_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
![]() |
Text
933425418_Bab 6.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
933425418_daftarpustaka.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
933425418_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
933425418_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci : Study Habits, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Matematika Hasil belajar ialah beberapa hasil yang didapatkan oleh siswa yang meliputi penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik. Tingkat keberhasilan disimbolkan dengan skala nilai seperti huruf, angka atau faktor. Dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti menemukan permasalahan yakni hasil belajar yang didapatkan siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 4 Kertosono cenderung rendah atau di bawah KKM. Hasil belajar ini diduga dapat dipengaruhi oleh study habits dan motivasi belajar. Study habits dan motivasi belajar sangat penting dalam menunjang keberhasilan pembelajaran yang optimal. Study habits menurut The Liang Gie ialah suatu perilaku yang dikerjakan secara terus menerus dan cenderung konstan dalam rangka pelaksanaan belajar. Sedangkan motivasi belajar menurut Sardiman merupakan semua daya pendorong yang dapat memengaruhi kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui pengaruh study habits terhadap hasil belajar, pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, serta pengaruh study habits dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi sebesar 233 yang diambil sampel sebanyak 145 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yakni (1) Skala Study Habits yang disusun berdasarkan teori Bakare 1977 (2) Skala motivasi belajar yang disusun berdasarkan teori Mc Donald, kemudian (3) Skala hasil belajar yang diperoleh dari data nilai sekolah berdasarkan acuan teori dari Mc Donald. Teknik anlisis data menggunakan uji regresi berganda dengan SPSS 22 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, 1) Tidak terdapat pengaruh antara study habits terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMPN 4 Kertosono dengan koefisien korelasi sebesar -0,006 sehingga study habits berpengaruh secara negatif terhadap hasil belajar. 2) Terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMPN 4 Kertosono dengan koefisien korelasi sebesar 0,387 sehingga motivasi belajar berpengaruh sebesar 38,7% terhadap hasil belajar 3) Terdapat pengaruh antara study habits dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMPN 4 Kertosono dengan koefisien korelasi sebesar 0,387 dan koefisien determinasi sebesar 0,146. Sehingga didapatkan hasil bahwa study habits dan motivasi belajar bepengaruh terhadap hasil belajar sebesar 14,6 % dan 85,4 % sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1702 Cognitive Sciences > 170205 Neurocognitive Patterns and Neural Networks |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | SEVINA SYAHRUL ROMADHONI |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 06:15 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 06:15 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |