ROFIAH, TIA ALIYATUR (2018) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI MAN 2 KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932112914_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932112914_BAB I.pdf Download (224kB) |
|
Text
932112914_BAB II.pdf Download (274kB) |
|
Text
932112914_BAB III.pdf Download (248kB) |
|
Text
932112914_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
|
Text
932112914_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
Text
932112914_BAB VI.pdf Download (204kB) |
|
Text
932112914_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Kepala Madrasah, Kedisiplinan Guru. Kedisiplinan guru di lembaga pendidikan dapat ditingkatkan dengan adanya strategi yang di buat oleh kepala Madrasah. Kepala Madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Hal tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2014 Pasal 3 bahwa tugas kepala Madrasah yakni merencanakan, mengelola, memimpin, dan mengendalikan program dan komponen penyelenggaraan pendidikan pada Madrasah berdasarkan standart nasional pendidikan. Strategi dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MAN 2 Kabupaten Kediri diperlukan karena sebagian guru masih belum sepenuhnya menyadari akan tugas pentingnya sebagai pendidik dan pengajar bagi peserta didik. Adapun fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana kedisiplinan guru di MAN 2 Kabupaten Kediri? (2) Apa saja bentuk-bentuk dari strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MAN 2 Kabupaten Kediri? (3) Bagaimana dampak dari strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan bagi guru?. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara terinci, dan mendalam terhadap individu/kelompok. Sumber data penelitian ini adalah mereka yang terlibat langsung dalam peningkatan kedisiplinan guru seperti kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan guru, staff TU dan perwakilan siswa. Metode pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa (1) kedisiplinan guru di MAN 2, yaitu a) datang dan pulang tepat waktu, b) masuk kelas tepat waktu, c) tidak meninggalkan lingkungan madrasah ketika masih bertugas, d) mengikuti aturan yang dibuat oleh kepala madrasah. (2) bentuk-bentuk strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru, yakni a) figur kepala madrasah, b) adanya jurnal KBM, c) pemasangan cctv disetiap ruangan, d) pemberian motivasi, e) pemberian kesempatan bagi murid untuk menyampaikan keluh kesahnya yang berkenaan dengan kedisiplinan guru, e) adanya tata tertib. (3) dampak dari strategi tersebut, yakni, a) guru menjadi lebih disiplin, b) merasa diawasi dan tidak bisa bertingkah laku bebas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 03 Dec 2020 04:33 |
Last Modified: | 03 Dec 2020 04:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1855 |
Actions (login required)
View Item |