Manajemen sekolah adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan di MTsN 7 Kediri

Rahmawati, Silfiyana (2025) Manajemen sekolah adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan di MTsN 7 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Kediri.

[img] Text
21205067_prabab.pdf

Download (439kB)
[img] Text
21205067_bab1.pdf

Download (335kB)
[img] Text
21205067_bab2.pdf

Download (314kB)
[img] Text
21205067_bab3.pdf

Download (295kB)
[img] Text
21205067_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
21205067_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
21205067_bab6.pdf

Download (181kB)
[img] Text
21205067_daftar_pustaka.pdf

Download (248kB)
[img] Text
21205067_daftar_pustaka.pdf

Download (248kB)

Abstract

Rahmawati, Silfiyana, Dosen Pembimbing I Dr. Addin Arsyadana M.Pd.I. dan Dosen Pembimbing II Nila Lukmatus Syahidah, M.Pd. I, Manajemen Sekolah Adiwiyata dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan di MTsN 7 Kediri, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. 2025. Kata Kunci: Manajemen, Sekolah Adiwiyata, Lingkungan Program Sekolah Adiwiyata bertujuan menciptakan lingkungan sekolah yang mendorong kesadaran dan aksi nyata dalam pelestarian lingkungan. MTsN 7 Kediri merupakan satu-satunya sekolah tingkat SMP/MTs di Kabupaten Kediri yang meraih predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen Sekolah Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan di MTsN 7 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data utama diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, tim Adiwiyata, guru, dan peserta didik. Analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Sekolah Adiwiyata di MTsN 7 Kediri mencakup: (1) Perencanaan, yang meliputi penyusunan kurikulum berbasis lingkungan, penetapan visi dan misi sekolah selaras dengan program Adiwiyata, serta perancangan program aksi lingkungan; (2) Pengorganisasian, yang dilakukan dengan membentuk tim Adiwiyata dan kelompok kerja (pokja) yang memiliki tanggung jawab masing-masing; (3) Pelaksanaan, yang melibatkan sosialisasi program kepada siswa baru, penerapan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan ekstrakurikuler ecogreen, serta implementasi berbagai program seperti kantin bebas 5P, Jumat Bersih, daur ulang sampah, dan peringatan hari lingkungan; serta (4) Pengawasan, yang dilakukan oleh kepala sekolah, tim Adiwiyata, guru, dan orang tua, serta melalui evaluasi tahunan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: SILFIYANA RAHMAWATI
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:10
Last Modified: 29 Jul 2025 06:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18548

Actions (login required)

View Item View Item