Aini, Miftahul (2025) Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis QR-Code pada mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Dermo II Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206062_prabab.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
21206062_bab1.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
21206062_bab2.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
21206062_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
![]() |
Text
21206062_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
![]() |
Text
21206062_bab5.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
21206062_daftarpustaka.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
21206062_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
21206062_lembarpersetujuanpublikasi.pdf Download (156kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas bahan ajar interaktif berbasis QR-Code pada mata pelajaran IPAS materi pancaindra manusia di kelas IV SDN Dermo II Kota Kediri. Latar belakang penelitian adalah rendahnya hasil belajar kognitif siswa, kurangnya sumber belajar yang efektif, dan belum optimalnya pemanfaatan teknologi. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE melalui lima tahap, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data meliputi angket validasi, pre-test dan post-test, serta dokumentasi. Produk yang dikembangkan berupa buku cetak interaktif dengan QR-Code berisi video, animasi, dan kuis digital. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa bahan ajar sangat layak digunakan dengan skor 90,6% dan 90%. Efektivitas bahan ajar dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa, dari rata-rata pre-test 63,6% menjadi 83,2% pada post-test, uji-t menunjukkan perbedaan signifikan, dan uji N-Gain sebesar 0,49 yang tergolong kategori sedang. Dengan demikian, bahan ajar ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | MIFTAHUL AINI |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 07:02 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 07:02 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18533 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |