Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis QR-Code pada mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Dermo II Kota Kediri

Aini, Miftahul (2025) Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis QR-Code pada mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Dermo II Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206062_prabab.pdf

Download (436kB)
[img] Text
21206062_bab1.pdf

Download (288kB)
[img] Text
21206062_bab2.pdf

Download (411kB)
[img] Text
21206062_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
21206062_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
21206062_bab5.pdf

Download (195kB)
[img] Text
21206062_daftarpustaka.pdf

Download (207kB)
[img] Text
21206062_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21206062_lembarpersetujuanpublikasi.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas bahan ajar interaktif berbasis QR-Code pada mata pelajaran IPAS materi pancaindra manusia di kelas IV SDN Dermo II Kota Kediri. Latar belakang penelitian adalah rendahnya hasil belajar kognitif siswa, kurangnya sumber belajar yang efektif, dan belum optimalnya pemanfaatan teknologi. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE melalui lima tahap, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data meliputi angket validasi, pre-test dan post-test, serta dokumentasi. Produk yang dikembangkan berupa buku cetak interaktif dengan QR-Code berisi video, animasi, dan kuis digital. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa bahan ajar sangat layak digunakan dengan skor 90,6% dan 90%. Efektivitas bahan ajar dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa, dari rata-rata pre-test 63,6% menjadi 83,2% pada post-test, uji-t menunjukkan perbedaan signifikan, dan uji N-Gain sebesar 0,49 yang tergolong kategori sedang. Dengan demikian, bahan ajar ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MIFTAHUL AINI
Date Deposited: 29 Jul 2025 07:02
Last Modified: 29 Jul 2025 07:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18533

Actions (login required)

View Item View Item