Abela, Dica Citra Tamara (2025) Implementasi Strategi Event Marketing Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Pada Aola Pantura Cafe Paciran Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21401009_Pra Bab (1).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21401009_bab1.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
21401009_bab2.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
21401009_bab3.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
21401009_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21401009_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21401009_bab6.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
21401009_daftar-pustaka.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
21401009_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Strategi event marketing merupakan pendekatan promosi interaktif yang bertujuan membangun pengalaman langsung dan emosional antara konsumen dan merek melalui penyelenggaraan berbagai acara. Dalam konteks persaingan bisnis kuliner yang semakin ketat, Aola Pantura Café Paciran Lamongan menerapkan strategi event marketing untuk menarik pelanggan serta meningkatkan loyalitas dan omzet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi event marketing yang dilakukan oleh Aola Pantura Café serta menganalisis peran strateginya dalam meningkatkan omzet penjualan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi pihak manajemen café, staf pelaksana event, dan pelanggan. teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aola Pantura Café menerapkan strategi event marketing melalui tiga dimensi utama: Enterprise (penyewaan tempat untuk pernikahan, rapat, dan gathering yang menambah sumber pemasukan), Entertainment (hiburan live musik mingguan, festival tahunan, dan lomba tematik yang menciptakan suasana menarik), serta Excitement (event yang menimbulkan antusiasme seperti Aola Idol dan bazar kuliner musiman). Strategi ini terbukti meningkatkan omzet secara signifikan dari Rp 1.532.964.500 pada tahun 2021 menjadi Rp1.896.787.000 pada tahun 2024. Kenaikan omzet ini juga mencerminkan terpenuhinya tiga indikator omzet penjualan, yaitu: menunjang pertumbuhan usaha dari segi jumlah pengunjung dan pendapatan, menghasilkan laba bersih yang terus meningkat dari tahun ke tahun, serta mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh manajemen café. Dengan demikian, Implementasi strategi event marketing di Aola Pantura Café dapat dinyatakan berhasil dalam meningkatkan omzet penjualan secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | DICA CITRA TAMARA ABELA |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 03:11 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 03:11 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18520 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |