STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Ngimbang Lamongan)

NURLAILI, CANCERISKA (2018) STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Ngimbang Lamongan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932103814_PRA BAB.pdf

Download (818kB)
[img] Text
932103814_BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
932103814_BAB II.pdf

Download (758kB)
[img] Text
932103814_BAB III.pdf

Download (752kB)
[img] Text
932103814_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
932103814_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
932103814_BAB VI.pdf

Download (446kB)
[img] Text
932103814_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)

Abstract

Kata Kunci: Pengelolaan kelas, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam. Inti dari kegiatan di sekolah adalah proses belajar mengajar. Di lingkungan kelas, guru mempunyai peran yang penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Maka dengan demikian pengelolaan kelas menjadi satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan dari siswa dan proses pembelajaran. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui 1) bagaimana strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam, 2) apa saja hambatan dari strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam, 3) bagaimana cara mengatasi hambatan pada strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI, siswa kelas VII dan VIII, Kepala Sekolah, Staf dan pihak-pihak terkait lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan strategi pengelolaan kelas yang dilakukan guru PAI meliputi: a) pengelolaan lingkungan kelas, b) pengelolaan kondisi sosio emosional, c) pengelolaan kegiatan organisasional, d) pengelolaan administrasi teknik. Kegiatan tersebut dilakukan dengan baik dan membawa dampak positif pada peningkatan hasil belajar siswa. 2) hambatan dari strategi pengelolaan kelas meliputi kurangnya kedisiplinan dari diri siswa serta kurangnya tanggung jawab siswa terhadap tugas. 3) upaya mengatasi hambatan dari strategi pengelolaan kelas adalah pemberian teguran dan melakukan kontrol kegiatan siswa, serta memberikan tugas individu dan tugas kelompok kepada siswa .

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:23
Last Modified: 03 Dec 2020 03:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1852

Actions (login required)

View Item View Item