PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) DAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X MAN 3 KEDIRI

Ahmad, Galih Pramulya (2025) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) DAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X MAN 3 KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
21204047_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21204047_bab1.pdf

Download (571kB)
[img] Text
21204047_bab2.pdf

Download (694kB)
[img] Text
21204047_bab3.pdf

Download (646kB)
[img] Text
21204047_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
21204047_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
21204047_bab6.pdf

Download (533kB)
[img] Text
21204047_daftarpustaka.pdf

Download (533kB)
[img] Text
21204047_lampiran.pdf

Download (14MB)
[img] Text
21204047_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)

Abstract

GALIH PRAMULYA AHMAD, Dosen Pembimbing Bapak Muhammad Khoiril Akhyar, M.Pd. dan Ibu Ardiana Fatma Dewi, M. Stat., Perbandingan Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dan Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X MAN 3 Kediri, 2025. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajan Brain Based Learning (BBL), Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran brain based learning (BBL) dan model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MAN 3 Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Jumlah sampe sebanyak 3 kelas, yaitu kelas eksperimen I (X-G) sebanyak 38 siswa, kelas eksperimen II (X-C) sebanyak 38 siswa, dan kelas kontrol (X-D) sebanyak 37 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Instrumen tes terdiri dari pretest dan posttest yang terdiri dari 3 soal uraian. Hasil penelitian menujukkan model pembelajaran Brain Based Learning dan Creative Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil pretest kelas eksperimen I memperoleh rata-rata sebesar 41,21. Hasil pretest kelas eksperimen II memperoleh rata-rata sebesar 42,89. Hasil pretest kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 44,81. Hasil posttest kelas eksperimen I memperoleh rata-rata sebesar 74,79. Hasil posttest kelas eksperimen II memperoleh rata-rata sebesar 77,45. Hasil posttest kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 63,32. Hasil analisis nilai posttest menggunakan uji One Way Anova memperoleh nilai Sig. <0,001 < 0,05, artinya terdapat perbedaan nilai posttest pada kelas eksperimen I, kelas eksperimen II dan kelas kontrol. Kemudian dilaukan uji lanjut (post hoc) untuk mengetahui perbedaan setiap kelas menggunakan uji Tukey HSD. Hasil dari uji Tukey HSD menunjukkan kelas eksperimen I dan II berada di subset yang sama, sedangkan kelas kontrol berada di subset yang berbeda. Artinya, terdapat perbedaan antara kelas kelas kontrol dengan kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II, sedangkan tidak ada perbedaan antara kelas eksperimen I dengan kelas eksperimen II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dan Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa daripada model konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Galih Pramulya Ahmad
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:46
Last Modified: 01 Aug 2025 03:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18518

Actions (login required)

View Item View Item