A'YUNI, ILMA QURROTA (2025) MANAJEMEN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL FURQON DARUL FALAH 5 CUKIR DIWEK JOMBANG. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
![]() |
Text
21205086_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21205086_bab1.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
21205086_bab2.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
21205086_bab3.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
21205086_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21205086_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
![]() |
Text
21205086_bab6.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
21205086_daftarpustaka.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
21205086_lampiran.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21205086_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
Abstract
ILMA QURROTA A‟YUNI, 21205086. Manajemen Program Tahfidzul Qur‟an di Pondok Pesantren Al Furqon Darul Falah 5 Cukir Diwek Jombang. Dosen Pembimbing Dr. AB. Musyafa‟ Fathoni, M. Pd. I dan Nila Lukmatus Syahidah, M. Pd. I. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2025. Kata Kunci : Manajemen, Program Tahfidzul Qur‟an, Pondok Pesantren Manajemen program tahfidzul Qur‟an merupakan proses yang melibatkan fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan untuk mencapai tujuan penghafalan Al Qur‟an secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Manajemen Program Tahfidzul Qur‟an di Pondok Pesantren Al Furqon Darul Falah 5 Cukir Diwek Jombang. Dengan sasaran yang akan di analisis yaitu terkait manajemen program tahfidznya, sistem pembelajaran tahfidznya serta tes akhir dalam program tahfidz. Dalam Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari pengasuh, pembina Tahfidz, Ustadzah Koordinator Tahfidz dan santri tahfidz. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) perencanaan program tahfidz melibatkan beberapa tahapan penting, mulai dari musyawarah tahunan untuk evaluasi dan perbaikan program, hingga analisis kebutuhan santri dalam menghafal. Metode yang digunakan disesuaikan dengan karakteristik santri dan sarana prasarana yang memadai mendukung proses belajar. Tenaga pengajar yang kompeten dan pembagian tugas yang jelas memastikan efektivitas program. Evaluasi berkala dilakukan untuk mengidentifikasi kemajuan dan tantangan, serta untuk meningkatkan kualitas program tahfidz secara berkelanjutan. 2) Sistem pembelajaran program Tahfidzul Qur'an melibatkan indikator kemampuan menghafal, Metode pembelajaran yang digunakan, dan Evaluasi yang dilakukan melalui tasmi' untuk memastikan kualitas hafalan santri. 3) Tes akhir program tahfidz dikelompokkan menjadi ; Tasmi kenaikan Juz dilakukan setiap kali santri menyelesaikan hafalan 1 Juz, MHQ setiap akhir bulan, dan Tes menjelang wisuda yaitu apabila santri telah menyelesaikan seluruh hafalannya dan akan mengikuti wisuda Akhirussanah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ilma Qurrota A'yuni |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 03:48 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 03:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |