SYAFA'ATILAH, NUR LAILI (2025) Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di SMKN 1 Ngasem. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201139_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21201139_bab1.pdf Download (458kB) |
![]() |
Text
21201139_bab2.pdf Download (489kB) |
![]() |
Text
21201139_bab3.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
21201139_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
![]() |
Text
21201139_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
![]() |
Text
21201139_bab6.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
21201139_daftarpustaka.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
21201139_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
21201139_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (198kB) |
Abstract
NUR LAILI SYAFA’ATILAH, Dosen Pembimbing Prof. Dr. Muhamad Yasin, S.Ag., M.Ag. dan Dr. Hj. Najihatul Fadhliyah, S.HI M.Pd.I. ”Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMKN 1 Ngasem”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri 2025 Kata Kunci: Strategi guru, motivasi siswa Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran guru yang variatif terutama dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMKN 1 Ngasem. Dan (2) mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di SMKN 1 Ngasem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, yaitu di SMK Negeri 1 Ngasem Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini adalah motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Ngasem terbagi menjadi dua yaitu motivasi rendah (low motivation) dan motivasi tinggi (high motivation). Siswa yang memiliki motivasi rendah (low motivation) dipengaruhi oleh: minat belajar siswa, sikap siswa terhadap pelajaran, kondisi jasmani, lingkup keluarga dan lingkungan sosial (teman sebaya). Sedangkan siswa yang memiliki motivasi tinggi (high motivation) dipengaruhi oleh: cara mengajar guru, guru memakai strategi pembelajaran yang variatif, guru menetapkan metode pembelajaran yang tepat, hasrat dan keinginan dalam keberhasilan, lingkungan belajar siswa yang kondusif, dorongan dalam belajar, penghargaan dalam belajar kegiatan yang menarik. Guru menggunakan strategi yang variatif dalam proses pembelajaran. Yaitu dengan diferensiasi konten, proses dan produk. Dan strategi pembelajaran inquiri, kooperatif, ekspositori, kontekstual, strategi pembelajaran aktif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | NUR LAILI SYAFA` ATILAH |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 02:45 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 02:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18502 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |