EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DI TINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Imanniah, Astrida Asmarani (2025) EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DI TINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
21204075_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21204075_bab1.pdf

Download (706kB)
[img] Text
21204075_bab2.pdf

Download (792kB)
[img] Text
21204075_bab3.pdf

Download (835kB)
[img] Text
21204075_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text
21204075_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text
21204075_bab6.pdf

Download (566kB)
[img] Text
21204075_daftarpustaka.pdf

Download (624kB)
[img] Text
21204075_lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21204075_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)

Abstract

ASTRIDA ASMARANI IMANNIAH, Dosen pembimbing (1) ARDIANA FATMA DEWI, M. Stat. dan Dosen Pembimbing (2) NALSA CINTYA RESTI, M. Si., Efektivitas Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi statistika cocok untuk pendekatan kontekstual karena berkaitan dengan data dan situasi nyata, namun siswa kelas X SMA Negeri 1 Kandat masih kesulitan memahaminya akibat pembelajaran yang didominasi metode ceramah dan minim keterlibatan aktif, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain true experimental tipe posttest only control design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kandat yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan kontekstual dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi oleh ahli. Teknik analisis data menggunakan uji mann whitney u dan uji effect size. Keterlaksanaan pembelajaran di kelas kontrol dan eksperimen mencapai 100% sesuai rencana berdasarkan hasil observasi. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen secara umum berada pada kategori tinggi dengan rata-rata per indikator: memahami masalah 84,76%, menyusun rencana 75,36%, melaksanakan rencana 96,19%, dan memeriksa kembali 81,07%. Sementara itu, siswa di kelas kontrol memperoleh rata-rata: memahami masalah 53,27%, menyusun rencana 72,76%, melaksanakan rencana 79,76%, dan memeriksa kembali 40,62%, yang keseluruhannya berada pada kategori sedang. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual tergolong dalam kategori tinggi dan terbukti lebih efektif dibandingkan metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa, khususnya jika ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: ASTRIDA ASMARANI IMANNIAH
Date Deposited: 28 Jul 2025 06:21
Last Modified: 28 Jul 2025 06:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18494

Actions (login required)

View Item View Item