Peran Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Pada Penggilingan Mie dan Kulitan UD Risma Jaya Kota Kediri)

Putra, Jonathan Rizki Eka (2025) Peran Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Pada Penggilingan Mie dan Kulitan UD Risma Jaya Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21401032_PRABAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21401032_BAB1.pdf

Download (572kB)
[img] Text
21401032_BAB2.pdf

Download (576kB)
[img] Text
21401032_BAB3.pdf

Download (316kB)
[img] Text
21401032_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)
[img] Text
21401032_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
21401032_BAB6.pdf

Download (178kB)
[img] Text
21401032_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (410kB)
[img] Text
21401032_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] Text
21401032_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)

Abstract

Pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran yang menggunakan media digital seperti sosial media dan website. Pada era modern seperti sekarang pemasaran digital efektif untuk digunakan, hal ini dikarenakan hampir setiap rumah tangga khususnya di Kota Kediri sudah memiliki akses internet melalui jaringan wifi atau penyedia layanan internet lainnya. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi atau menjangkau lebih banyak pelanggan sehingga penjualan meningkat. Pemasaran digital mulai digunakan oleh UD Risma Jaya pada 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang Peran Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Pada Penggilingan Mie dan Kulitan UD Risma Jaya Kota Kediri). Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana peneliti mengumpulkan data dan informasi dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field study research) dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, memperoleh hasil: 1) Pemasaran digital dilakukan UD Risma Jaya melalui Facebook, Whatsapp dan website. Facebook digunakan sebagai promosi, Whatsapp sebagai tempat komunikasi dengan pelanggan dan website sebagai pendukungnya. Selain itu UD Risma Jaya juga selalu merespon keluhan, komplain dan masukan pelanggan melalui Whatsapp. UD Risma Jaya juga dapat membuat produk yang sesuai permintaan konsumen dan menjaga kualitas menggunakan bahan baku dengan kualitas terbaik. 2) Pemasaran digital yang mulai digunakan UD Risma Jaya pada tahun 2021 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan penjualan. Hal ini dikarenakan pemasaran digital membantu produk dan usaha UD Risma Jaya dapat dikenal oleh masyarakat yang lebih luas, hingga saat ini 90% komunikasi dan pemesanan dilakukan menggunakan media digital.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: JONATHAN RIZKI EKA PUTRA
Date Deposited: 28 Jul 2025 06:23
Last Modified: 28 Jul 2025 06:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18489

Actions (login required)

View Item View Item