PENGEMBANGAN ENKLODO (ENSIKLOPEDIA DONGENG) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP UNSUR INTRINSIK DONGENG KELAS III MI MA’ARIF NU INSAN CENDEKIA KOTA KEDIRI

TRIMAYDA, LELY RAIHAN (2025) PENGEMBANGAN ENKLODO (ENSIKLOPEDIA DONGENG) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP UNSUR INTRINSIK DONGENG KELAS III MI MA’ARIF NU INSAN CENDEKIA KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
21206040_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21206040_bab1.pdf

Download (535kB)
[img] Text
21206040_bab2.pdf

Download (706kB)
[img] Text
21206040_bab3.pdf

Download (711kB)
[img] Text
21206040_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
21206040_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
21206040_bab6.pdf

Download (482kB)
[img] Text
21206040_daftarpustaka.pdf

Download (568kB)
[img] Text
21206040_lampiran.pdf

Download (5MB)
[img] Text
21206040_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)

Abstract

LELY RAIHAN TRIMAYDA, Dosen Pembimbing Ibu Dr. SALMA SUNAIYAH, S.Ag., M.Pd dan Ibu AYU RIDHO SARASWATI, M.Pd. Pengembangan ENKLODO (Ensiklopedia Dongeng) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Unsur Intrinsik Dongeng Kelas III MI Ma’arif NU Insan Cendekia Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Bahan Ajar Buku ENKLODO, Pemahaman, Siswa Pemahaman sering dikaitkan dengan hasil belajar. Cara siswa memahami materi juga berdasarkan apa yang mereka baca. Dikarenakan kurangnya bahan bacaan sebagai sumber belajar maka pemahaman siswa terhada materi juga rendah yang mengakibatkan pada rendahnya hasil belajar mereka. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar yang memuat materi lengkap. Tujuan penelitian dan pengembangan yang dilakukan adalah 1) mengetahui dan mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar buku ENKLODO, 2) menganalisis tingkt kelayakan bahan ajar buku ENKLODO, 3) menganalisis tingkat keefektifan bahan ajar buku ENKLODO dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas III terhadap unsur intrinsik dongeng mata pelajaran Tematik lingkup Bahasa Indonesia di MI Ma’arif NU Insan Cendekia Kota Kediri. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang melalui lima tahapan penelitian dan pengembangan diantaranya Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan ini produk 1) berupa buku ENKLODO dengan menerapkan model ADDIE. 2) Kelayakan produk didapat dari para validator ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa, serta angket respon guru dan siswa. Hasil validasi ahli materi 96%, validasi ahli desain 81%, dan validasi ahli bahasa 98%. Hasil presentase ketiga validator tersebut berkategori “Sangat layak” sehingga dapat dilakukan penerapan pada siswa kelas III MI. Hasil angket respon guru diperoleh nilai rata-rata 82% yang masuk dalam kategori “sangat layak". Uji coba kelompok kecil dengan memberi angket respon siswa mendapat presentase 95% yang berkategori “sangat layak”. 3) Keefektifan dilihat melalui pretest, penerapan bahan ajar, dan posttest. Pretest dilakukan sebelum penerapan bahan ajar ENKLODO, yang menghasilkan nilai rata-rata 62,57 dari 35 siswa, dan masih berada dibawah KKM 75. Saat dilakukan posttest rata-rata presentase nilai mereka adalah 87,14 sehingga terjadi peningkatan hasil belajar dari sebelum dan sesudah menggunakan ENKLODO. Nilai rata-rata pretest dan posttest dilakukan uji normalitas yang menghasilkan nilai signifikansi 0,088 artinya data berdistribusi normal. Kemudian uji homogenitas, hasil nilai signifikansi (Sig) pada Based on mean 0,081 > 0,05 maka data dinyatakan homogen. Kemudian dilakukan uji paired sample t-test yang menghasilkan nilai Sig (2-tailed) adalah < 0,001, dengan arti lain < 0,05 maka dapat dinyatakan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pretest dan posttest. Melihat seberapa efektif bahan ajar ini dilakukan uji n-gain yang menghasilkan nilai 72,21 yang berarti buku ENKLODO efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap unsur itrinsik dongeng siswa kelas III.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL) ; Kurikulum dan Pedagogi Bahasa Inggris dan Literasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LELY RAIHAN TRIMAYDA
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:36
Last Modified: 28 Jul 2025 03:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18463

Actions (login required)

View Item View Item