Savitri, Dinda Ria (2025) PERAN BRANDING IMAGE DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN BATIK (Studi Pada: Batik Gedog H.M. Sholeh Desa Jarorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban). Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Washil Kediri.
![]() |
Text
21403128_prabab.pdf Download (547kB) |
![]() |
Text
21403128_bab1.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
21403128_bab2.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
21403128_bab3.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
21403128_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) |
![]() |
Text
21403128_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
![]() |
Text
21403128_bab6.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
21403128_daftar_pustaka.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
lembar pernyataan persetujuan publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
Abstract
Industri batik merupakan sektor ekonomi kreatif yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan perekonomian daerah. Salah satu keberhasilan dalam memasarkan sebuah produk batik adalah menggunakan citra merek (branding image) yang kuat terhadap produk. Branding yang kuat dapat meningkatkan kesadaran konsumen betapa pentingnya meningkatkan sektor ekonomi daerah serta melestarikan suatu budaya agar tidak hilang ditelan zaman. Branding yang baik harus memperkuat loyalitas pada pelanggan dan dapat meningkatkan volume penjualan. Batik Gedog H.M.Sholeh merupakan rumah industri batik yang berada di Tuban yang menerapkan branding image pada produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengolah bagaimana peran dari branding image terhadap peningkatan volume penjualan pada Batik Gedog H.M.Sholeh di Tuban. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. dilakukannya wawancara kepada owner, karyawan, dan beberapa konsumen yang bertujuan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. observasi, serta dokumentasi digunakan untuk memperkuat temuan penelitian. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi branding image yang diterapkan oleh Batik Gedog H.M. Sholeh meliputi tiga aspek utama, yaitu Brand Identity, Brand Personality, dan Brand Associations. Keunikan motif batik, kualitas kain berbahan katun asli, serta teknik produksi tradisional menjadi elemen utama yang membangun identitas merek Batik Gedog. Selain itu, pemasaran dilakukan melalui strategi offline dan online, seperti promosi di pameran, media sosial, dan pemasaran langsung. Branding image yang kuat berdampak positif pada peningkatan volume penjualan. Laba pada tahun 2021 sebesar Rp. 881.358.000 hingga pada tahun 2024 mencapai Rp.999.086.000 dengan persentase 30% lebih untuk pertahunnya. dengan adanya peningkatan jumlah pelanggan dan ekspansi pasar ke luar daerah Tuban. Kata Kunci: Branding Image, Volume penjualan
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | DINDA RIA SAVITRI |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:05 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18461 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |