FATMAWATI, RISMA INTAN MUSTIKO (2018) PERAN PENGURUS PONDOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH BANDAR KIDUL KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932123014_PRA BAB.pdf Download (691kB) |
|
Text
932123014_BAB I.pdf Download (994kB) |
|
Text
932123014_BAB II.pdf Download (317kB) |
|
Text
932123014_BAB III.pdf Download (158kB) |
|
Text
932123014_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
|
Text
932123014_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
Text
932123014_BAB VI.pdf Download (254kB) |
|
Text
932123014_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran Pengurus Pondok, Motivasi Menghafal Al-Qur‟an Menghafal Al-Qur‟an adalah suatu pekerjaan yang mulia akan tetapi dalam pelaksanaannya membutuhkan kesabaran dan motivasi yang kuat dalam dirinya. Maka dalam pondok pesantren di butuhkan adanya pengurus pondok untuk dapat mengawasi dan senantiasa meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an santri. Maka peran pengurus pondok sangat penting karena dapat memengaruhi tingkat motivasi santri di pondok pesantren itu sendiri. Berdasarkan fenomena tersebut, fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana kondisi motivasi menghafal alqur‟an santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Bandar Kidul Kediri? 2. Apa faktor eksternal yang dapat meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an santri di Pondok Pesantren AlHidayah Bandar Kidul Kediri? 3. Bagaimana peran pengurus dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Bandar Kidul Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Kondisi motivasi menghafal alqur‟an santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Bandar Kidul adalah : Semangat dalam melakukan kegiatan, tekun dan istiqomah dalam menghafal serta sabar dan ikhlas, bosan dan lelah dalam menghafal. 2. Faktor eksternal yang dapat meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Bandar Kidul Kediri adalah : Dorongan dari orang tua, persaingan antar teman, faktor ketika akan ujian dan faktor hukuman. 3. Peran pengurus pondok dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an santri adalah dengan menggunakan metode keteladanan, metode nasehat dan pemberian motivasi serta dengan menggunakan metode pemberian sanksi/ hukuman.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 02 Dec 2020 04:28 |
Last Modified: | 02 Dec 2020 04:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1846 |
Actions (login required)
View Item |