Aini, Yuni Nur (2025) Pengaruh Harga Dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Snack Chitato (Studi Pada Mahasiswa Iain Kediri Angkatan 2021-2024). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21401004_prabab.pdf Download (887kB) |
![]() |
Text
21401004_bab1.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
21401004_bab2.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
21401004_bab3.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
21401004_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
![]() |
Text
21401004_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
![]() |
Text
21401004_bab6.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
21401004_daftarpustaka.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
21401004_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
21401004_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (110kB) |
Abstract
YUNI NUR AINI. Dosen Pembimbing Yopi Yudha Utama, M.S.A.dan Sayekti Indah Kusumawardhany. M.Akun : “Pengaruh Harga dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Snack Chitato (Studi Pada Mahasiswa IAIN Kediri Angkatan 2021-2024)” Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci : Harga, Halal Awareness, Keputusan Pembelian Industri makanan terus berkembang pesat termasuk makanan ringan menjadi salah satu produk paling digemari oleh Generasi Z. Mahasiswa sebagai Generasi Z termasuk segmen konsumen utama makanan ringan atau snack. Salah satu produk makanan ringan yang cukup populer di Indonesia adalah Chitato. Sebagai mahasiswa muslim tentunya tidak hanya mempertimbangkan harga namun juga halal awareness dalam dirinya sebelum memutuskan membeli produk. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan halal awareness terhadap keputusan pembelian snack chitato pada mahasiswa IAIN Kediri angkatan 2021-2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas. Populasi penelitian adalah mahasiswa IAIN Kediri angkatan 2021–2024 berjumlah 8.884 orang dengan sampel 335 responden yang didapatkan melalui teknik probability sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner kemudian dianalisis memakai SPSS 27 meliputi uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, serta analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan harga snack chitato tergolong kategori cukup murah, halal awareness cukup tinggi, dan keputusan pembelian cukup tinggi. Hubungan antara harga dan keputusan pembelian tergolong kuat dengan nilai Pearson correlation sebesar 0,679 dan signifikansi 0,000. Sedangkan hubungan halal awareness dan keputusan pembelian tergolong cukup kuat dengan nilai Pearson correlation 0,538 dan signifikansi 0,000. Secara simultan, harga dan halal awareness memiliki korelasi kuat terhadap keputusan pembelian dengan nilai R sebesar 0,708. Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan persamaan Y = 6,301 + 0,588X1 + 0,250X2. Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung 166,716 > Ftabel 3,05 sehingga variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Koefisien determinasi sebesar 0,498 menunjukkan harga dan halal awareness berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 49,8%, sedangkan 50,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1506 Tourism |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | YUNI NUR AINI |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:16 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 02:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |