Halim, Steven (2025) PERAN MANAJEMEN INDUSTRI KREATIF USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI OISHI CHICKEN FILLET KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
![]() |
Text
21403143_prabab.pdf Download (743kB) |
![]() |
Text
21403143_bab1.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
21403143_bab2.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
21403143_bab3.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
21403143_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) |
![]() |
Text
21403143_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
![]() |
Text
21403143_bab6.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
21403143_daftar_pustaka.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
21403143_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
Abstract
STEVEN HALIM, NIM 21403143. Dosen Pembimbing Nilna Fauza, M.HI dan Moch. Zainuddin, M.EI. “Peran Manajemen Industri Kreatif Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Oishi Chicken Fillet Kota Kediri”. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Kata Kunci : Manajemen Industri Kreatif, Volume Penjualan, Oishi Chicken Fillet UMKM memiliki peran strategis dalam perekonomian Indonesia, tetapi banyak usaha masih menghadapi kendala dalam pengelolaan bisnis, terutama dalam meningkatkan volume penjualan. Oishi Chicken Fillet, sebuah UMKM di Kota Kediri, telah menerapkan manajemen industri kreatif sebagai strategi untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen industri kreatif serta dampaknya terhadap peningkatan volume penjualan di Oishi Chicken Fillet. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk memahami strategi yang diterapkan dan hasil yang dicapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Oishi Chicken Fillet menerapkan manajemen industri kreatif melalui branding unik, pemasaran digital, dan kemitraan dengan influencer. Mereka menggunakan warna mencolok, konten kreatif, serta platform layanan antar dan pembayaran digital untuk meningkatkan daya saing dan kemudahan transaksi pelanggan.. Penerapan strategi ini berhasil meningkatkan penjualan dari Rp21 juta pada tahun 2021 menjadi Rp76 juta pada tahun 2024 serta meningkatkan jumlah pelanggan dan volume produksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa manajemen industri kreatif berperan penting dalam meningkatkan volume penjualan UMKM. Strategi inovatif dan adaptasi teknologi digital terbukti efektif dalam mendorong pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | STEVEN HALIM |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:58 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 02:58 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18440 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |