PERAN MANAJEMEN INDUSTRI KREATIF USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI OISHI CHICKEN FILLET KOTA KEDIRI

Halim, Steven (2025) PERAN MANAJEMEN INDUSTRI KREATIF USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI OISHI CHICKEN FILLET KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
21403143_prabab.pdf

Download (743kB)
[img] Text
21403143_bab1.pdf

Download (303kB)
[img] Text
21403143_bab2.pdf

Download (253kB)
[img] Text
21403143_bab3.pdf

Download (149kB)
[img] Text
21403143_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)
[img] Text
21403143_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
21403143_bab6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
21403143_daftar_pustaka.pdf

Download (142kB)
[img] Text
21403143_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)

Abstract

STEVEN HALIM, NIM 21403143. Dosen Pembimbing Nilna Fauza, M.HI dan Moch. Zainuddin, M.EI. “Peran Manajemen Industri Kreatif Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Oishi Chicken Fillet Kota Kediri”. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Kata Kunci : Manajemen Industri Kreatif, Volume Penjualan, Oishi Chicken Fillet UMKM memiliki peran strategis dalam perekonomian Indonesia, tetapi banyak usaha masih menghadapi kendala dalam pengelolaan bisnis, terutama dalam meningkatkan volume penjualan. Oishi Chicken Fillet, sebuah UMKM di Kota Kediri, telah menerapkan manajemen industri kreatif sebagai strategi untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen industri kreatif serta dampaknya terhadap peningkatan volume penjualan di Oishi Chicken Fillet. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk memahami strategi yang diterapkan dan hasil yang dicapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Oishi Chicken Fillet menerapkan manajemen industri kreatif melalui branding unik, pemasaran digital, dan kemitraan dengan influencer. Mereka menggunakan warna mencolok, konten kreatif, serta platform layanan antar dan pembayaran digital untuk meningkatkan daya saing dan kemudahan transaksi pelanggan.. Penerapan strategi ini berhasil meningkatkan penjualan dari Rp21 juta pada tahun 2021 menjadi Rp76 juta pada tahun 2024 serta meningkatkan jumlah pelanggan dan volume produksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa manajemen industri kreatif berperan penting dalam meningkatkan volume penjualan UMKM. Strategi inovatif dan adaptasi teknologi digital terbukti efektif dalam mendorong pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: STEVEN HALIM
Date Deposited: 28 Jul 2025 02:58
Last Modified: 28 Jul 2025 02:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18440

Actions (login required)

View Item View Item