Safitri, Mutiara (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keaktifan Belajar Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21204041_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21204041_bab1.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
21204041_bab2.pdf Download (525kB) |
![]() |
Text
21204041_bab3.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
21204041_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21204041_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21204041_bab6.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
21204041_daftarpustaka.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
21204041_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (1).pdf Download (405kB) |
Abstract
Permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan keaktifan belajar siswa mendorong perlunya inovasi dalam strategi pembelajaran, salah satunya melalui penerapan model pembelajaran CUPs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keaktifan belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan independent sampel t-tes untuk mengukur efektivitas model pembelajaran CUPs. Impelementasi model pembelajaran CUPs meliputi 3 tahap yaitu tahap perencanaan dalam pembuatan modul ajar menggunakan model CUPs, tahap pelaksanaan yang mendeskripsikan proses pembelajaran matematika sesuai modul ajar yang menggunakan model CUPs yang didukung dengan observasi, dan tahap evaluasi yang meskripsikan keterlaksanaan berdasarkan wawancara. Hasil keterlaksanaan model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) mencapai persentase 100%, menunjukkan bahwa model ini dapat diterapkan secara optimal dalam proses pembelajaran. Efektivitas model juga ditunjukkan melalui hasil uji independent sample t-test, dimana kemampuan pemecahan masalah matematis memperoleh nilai signifikan sebesar (0.000<0.05) dan keaktifan belajar siswa sebesar (0.01<0.05). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CUPs efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keaktifan belajar siswa sehingga guru dapat mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran CUPs dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Mutiara Safitri |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:05 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18415 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |