Annisa, Istighfarina Maya (2025) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan Lil'alamin dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan pada Kelas VIII di MTsN 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201116_prabab.pdf Download (692kB) |
![]() |
Text
21201116_bab1.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text
21201116_bab2.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
21201116_bab3.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
21201116_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
21201116_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
![]() |
Text
21201116_bab6.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
21201116_daftarpustaka.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
21201116_lembarpernyataanpersetujuan.pdf Download (207kB) |
Abstract
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya strategis Kemendikbudristek dalam membentuk karakter peserta didik yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Sementara itu, Kementerian Agama RI memperkuatnya melalui pengembangan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin (PPRA), yang menekankan nilai moderasi beragama, cinta tanah air, dan kepedulian terhadap sesama serta alam. Dalam konteks degradasi lingkungan yang semakin nyata, penanaman karakter peduli lingkungan sejak dini menjadi semakin penting. MTsN 2 Kediri mengambil peran aktif dalam dengan mengimplementasikan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” melalui integrasi P5PPRA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi P5PPRA di madrasah dan menganalisis dampaknya terhadap pembentukan karakter peduli lingkungan peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menggambarkan secara mendalam proses dan dampak implementasi P5PPRA dalam membentuk karakter peduli lingkungan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang mendalam. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan berlangsung melalui 3 tahapan yakni perencanaan dengan kegiatan pembentukan pendamping, identifikasi kesiapan, menentukan tema, menyusun modul dan membuat pelaporan. Pelaksanaan yang diawali dengan kegiatan pengenalan, kontekstualisasi, aksi dan refleksi serta tindak lanjut. Terakhir yakni evaluasi terhadap siswa dan seluruh kegiatan yang telah berlangsung. Peserta didik menunjukkan sikap aktif dalam menjaga kebersihan terlihat pada perubahan sikap dan perilaku peserta didik yang semakin paham mengenai lingkungan. Secara keseluruhan, kegiatan ini dikatakan dapat menanamkan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mengembangkan karakter peduli lingkungan serta memberikan kontribusi positif dalam menciptakan generasi yang bertanggung jawab terhadap kelestarian alam. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa P5PPRA dapat menjadi sarana efektif dalam mengembangkan nilai-nilai karakter di kalangan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISTIGHFARINA MAYA ANNISA |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:35 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:35 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |