Desain Intervensi Program Pembelajaran Individual (PPI) Siswa Inklusi Di SDN Sukorame 2 Kota Kediri

Rabaika, Nuril Alvin Khoirur (2024) Desain Intervensi Program Pembelajaran Individual (PPI) Siswa Inklusi Di SDN Sukorame 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933401618_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933401618_bab1.pdf

Download (273kB)
[img] Text
933401618_bab2.pdf

Download (315kB)
[img] Text
933401618_bab3.pdf

Download (238kB)
[img] Text
933401618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img] Text
933401618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
933401618_bab6.pdf

Download (184kB)
[img] Text
933401618_daftarrujukan.pdf

Download (194kB)

Abstract

SDN Sukorame 2 Kota Kediri sebagai sekolah inklusi favorit belum memiliki program pembelajaran individual (PPI) bagi siswa berkebutuhan khusus, sehingga siswa inklusi diperlakukan sama dengan siswa reguler. Tujuan PPI yaitu membantu kemampuan yang masih terhambat dan tugas-tugas yang masih sulit dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali kondisi psikologis dan merancang desain intervensi PPI yang sesuai dengan kebutuhan siswa inklusi di SDN Sukorame 2 Kota Kediri. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi kasus dengan subjek utama dua siswa inklusi yang belum mendapatkan layanan khusus, serta subjek pendukung yaitu orang tua dan guru. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, asesmen psikologis, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan kondisi psikologis antar subjek yang dikelompokkan ke dalam lima aspek perkembangan, yaitu aspek perkembangan kognitif, fisik, bahasa, emosi dan kepribadian, serta sosial. Berdasarkan hasil tersebut, dirancang desain intervensi PPI yang disesuaikan kondisi siswa: subjek pertama dengan diagnosa intellectual disability disorder (IDD) dan rabun jauh diberikan metode finger hold, bermain lego, dan multisensory Fernald; sedangkan subjek kedua dengan diagnosa tunadaksa diberikan teknik modeling, token economy, dan pemberian tanggung jawab. Kata Kunci: Desain intervensi, program pembelajaran individual, siswa inklusi

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: NURIL ALVIN KHOIRUR RABAIKA RABAIKA
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:58
Last Modified: 24 Jul 2025 03:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18396

Actions (login required)

View Item View Item