Sari, Indri Okta (2025) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII materi kesebangunan di MTs Miftahul Afkar Selotopeng Banyakan Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
932306718_prabab.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
932306718_bab1.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
932306718_bab2.pdf Download (700kB) |
![]() |
Text
932306718_bab3.pdf Download (515kB) |
![]() |
Text
932306718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
![]() |
Text
932306718_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
![]() |
Text
932306718_bab6.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
932306718_daftarpustaka.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
932306718_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (207kB) |
Abstract
Matematika merupakan ilmu abstrak yang dalam praktik pembelajarannya masih didominasi oleh guru, sehingga siswa cenderung pasif. Teori konstruktivisme menekankan pentingnya keterlibatan aktif siswa dalam membangun pemahaman yang bermakna. Di MTs Miftahul Afkar Selotopeng, hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi kesebangunan masih tergolong rendah. Untuk mengatasi hal ini, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi kesebangunan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Miftahul Afkar Selotopeng Banyakan Kabupaten Kediri sebanyak 30 siswa yang dipilih melalui teknik total sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar berbentuk uraian, yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, paired sample t-test, dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan antara nilai pretest dan posttest, dengan rata-rata skor meningkat dari 63 menjadi 83,16. Nilai N-Gain sebesar 67% termasuk dalam kategori sedang, dan hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Secara khusus, penelitian ini memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi kesebangunan serta mendorong sekolah untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran yang lebih partisipatif dan kolaboratif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | INDRI OKTA SARI |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:51 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:51 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |