Efektivitas Blended Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X

Ramadani, Sinta Nuria (2021) Efektivitas Blended Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932305117_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932305117_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932305117_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932305117_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932305117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932305117_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[img] Text
932305117_bab6.pdf

Download (944kB)
[img] Text
932305117_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932305117_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
932305117_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (203kB)

Abstract

Sinta Nuria Ramadani, 932305117, 2021. Efektivitas Blended Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Trigonometri Kelas X MAN 3 Kabupaten Kediri. Skripsi Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri. Ada dua buah permasalahan yang akan dikaji dan dianalisis oleh peneliti didalam penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan pembelajaran blended learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X MA Darussalam Jombang dan Apakah ada perbedaan efektifitas pembelajaran model blended learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X MA Darussalam Jombang. Didalam permasalahan itu penulis memakai metode penelitian Quasi Eksperimen Design. Untuk teknik pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode observasi dan metode tes. Kemudian instrumen pembelajarannya memakai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sedangkan Teknik Analisis Data mengambil langkah-langkah dengan Analisis Deskriptif yang dilanjutkan dengan Analisis Uji Hipotesis. Setelah dilakukan penelitian ini kami menemukan beberapa hal yaitu: pertama, penerapan pembelajaran blended learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X MA Darussalam Jombang dilakukan dengan membagi kelas X menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang diberikan pre test. Kemudian, kedua kelompok siswa diberi perlakuan yang berbeda yang satu diberi perlakuan model pembelajaran blended learning dan lainnya diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Selanjutnya, pada kedua kelompok diberikan post-test setelah keduanya diberikan perlakuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kedua perbedaan efektifitas pembelajaran model blended learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X MA Darussalam Jombang ditemukan bahwa rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah yang diperoleh model blended learning lebih tinggi dari peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. Mengacu pada penelitian tersebut maka kami menyarankan bagi peneliti selanjutnya supaya skripsi ini dapat berguna nantinya sebagai acuan dalam pelaksanaan penelitian dan pembelajaran matematika Kata Kunci : Blended Learning. Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: SINTA NURIA RAMADANI
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:39
Last Modified: 24 Jul 2025 03:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18390

Actions (login required)

View Item View Item