Rahmah, Melinda maulidatur (2025) Kajian Sintaksis Bahasa Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21207053_prabab.pdf Download (733kB) |
![]() |
Text
21207053_Bab1.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
21207053_Bab2.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
21207053_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21207053_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21207053_daftarpustaka.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
21207053_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21207053_sp.pdf Download (178kB) |
Abstract
ABSTRAK Melinda Maulidatur Rahmah. Dosen pembimbing Elen Nurjanah,M.Pd dan Anwariyah, M.Pd., Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 3-4 Tahun Dalam Kajian Sintaksis Di Kbm Nu 07 Mifatahul Huda Desa Kramat Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik, Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Iain Kediri, 2025. Kata kunci: pemerolehan bahasa, struktur kalimat, jenis kalimat Tujuan utama penelitian ini adalah mengidentifikasi struktur kalimat yang digunakan oleh anak usia 3-4 tahun serta menganalisis jenis-jenis kalimat yang mereka produksi dalam kajian sintaksis. Pemahaman mengenai perkembangan sintaksis pada usia dini krusial untuk memberikan wawasan yang komprehensif tentang bagaimana kemampuan berbahasa anak mulai berkembang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk memahami lebih dalam tahapan awal pemerolehan bahasa pada anak, khususnya dalam aspek pembentukan struktur kalimat dan penggunaan jenis kalimat yang digunakan oleh anak usia 3-4 tahun dalam kajian sintaksis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan secara mendalam struktur dan jenis kalimat yang digunakan oleh anak usia 3-4 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi interaksi berbahasa anak dalam konteks alami. Dalam penelitian ini menggunakan istrumen penelitian yang terdiri dari simak dan catat sumber data dalam penelitian ini yakni anak usia 3-4 tahun diKBM07 Miftahul Huda Desa Kramat Kecamatan bungah Kabupaten Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur kalimat dasar dengan pola Subjek-Predikat-Objek-Keterangan (SPOK) merupakan struktur yang paling sering digunakan oleh anak usia 3-4 tahun. Selain itu, analisis jenis kalimat memperlihatkan bahwa anak-anak pada usia ini telah mampu menggunakan kalimat pernyataan, kalimat tanya, dan kalimat perintah dalam berkomunikasi. Lebih lanjut, penelitian ini juga mengidentifikasi variasi jenis kalimat berdasarkan jumlah klausa (kalimat tunggal dan majemuk), struktur klausa (kalimat sederhana dan kompleks), serta susunan subjek dan predikat (kalimat versi dan inversi). Temuan ini mengindikasikan adanya perkembangan yang signifikan dalam kemampuan sintaksis anak pada rentang usia prasekolah awal. Abstract Melinda maullidatur rahmah. Supervisor elen nurjanah, m.pd and anwariyah, m.pd., language acquisition in children aged 3-4 years in syntax studies at kbm nu 07 mifatahul huda, kramat village, bungah district, gresik regency, thesis, indonesian language education study program, tarbiyah faculty, iain kediri, 2025. Keywords: language acquisition, sentence structure, types of sentences The main objective of this study is to identify the sentence structures used by 3-4 year old children and to analyze the types of sentences they produce in the study of syntax. Understanding the development of syntax at an early age is crucial to provide comprehensive insight into how children's language skills begin to develop. This study was motivated by the desire to understand more deeply the early stages of language acquisition in children, especially in terms of sentence structure formation and the use of sentence types used by 3-4 year old children in the study of syntax. This study uses a qualitative approach to describe in depth the structure and types of sentences used by children aged 3-4 years. Data were collected through observation of children's language interactions in natural contexts. In this study, a research instrument consisting of listening and recording data sources in this study were children aged 3-4 years in KBM07 Miftahul Huda, Kramat Village, Bungah District, Gresik Regency. The results of the study indicate that the basic sentence structure with the Subject-Predicate-Object-Adverb (SPOK) pattern is the structure most often used by children aged 3-4 years. In addition, the analysis of sentence types shows that children at this age have been able to use declarative sentences, interrogative sentences, and imperative sentences in communicating. Furthermore, this study also identified variations in sentence types based on the number of clauses (single and compound sentences), clause structure (simple and complex sentences), and the arrangement of subjects and predicates (version and inversion sentences). These findings indicate significant developments in children's syntactic abilities in the early preschool age range.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200402 Computational Linguistics 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200405 Language in Culture and Society (Sociolinguistics) 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200406 Language in Time and Space (incl. Historical Linguistics, Dialectology) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | MELINDA MAULIDATUR RAHMAH |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:07 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |