Kumala, Agnes Ratna (2025) Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Perangkat Desa Dan Kelurahan Kelas IV Di SDN 1 Sambiroto Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206065_prabab.pdf Download (764kB) |
![]() |
Text
21206065_bab1.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
21206065_bab2.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
21206065_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
![]() |
Text
21206065_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (997kB) |
![]() |
Text
21206065_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
![]() |
Text
21206065_bab6.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
21206065_daftarpustaka.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
21206065_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
21206065_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (177kB) |
Abstract
Pendidikan Pancasila di sekolah dasar bertujuan membentuk warga negara yang berkarakter dan bertanggung jawab melalui pengembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Namun, pembelajaran sering terkendala oleh rendahnya pemahaman siswa, terutama pada materi perangkat desa dan kelurahan. Salah satu penyebabnya adalah dominasi metode ceramah yang tidak sesuai dengan tahap perkembangan kognitif siswa yang masih berada pada fase operasional konkret. Kondisi ini menuntut kreativitas guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih kontekstual dan menarik agar materi dapat dipahami secara lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kreativitas guru dalam meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran pendidikan pancasila materi perangkat desa dan kelurahan kelas IV di SDN 1 Sambiroto. 2) Faktor yang mempengaruhi kreativitas guru dalam meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran pendidikan pancasila materi perangkat desa dan kelurahan kelas IV di SDN 1 Sambiroto. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dilaksanakan untuk mengetahui fenomena-fenomena yang ada di SDN 1 Sambiroto. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang melalui tiga tahap yaitu; Reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode kunjungan, sebagai wujud kreativitas guru, terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN 1 Sambiroto terhadap materi Perangkat Desa dan Kelurahan. Metode ini tidak hanya memberikan pengalaman belajar langsung yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, tetapi juga mendorong partisipasi aktif serta mengasah kemampuan berpikir kritis dan komunikasi. Dengan demikian, proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan selaras dengan tujuan utama Pendidikan Pancasila. 2) Kreativitas guru dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi perangkat desa dan kelurahan di kelas IV SDN 1 Sambiroto dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu lingkungan alam (seperti aset desa dan persawahan), lingkungan pendidikan (meliputi sarana prasarana, waktu, beban administratif, dan jumlah siswa), serta faktor internal seperti kepribadian guru dan karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) ; Kurikulum dan Pedagogi Humaniora dan Ilmu Sosial 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | AGNES RATNA KUMALA |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 03:39 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 03:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |