Peran Strategi Pemasaran Pada Tenun Ikat Mitra Bandar Kidul Kota Kediri Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan

Karimah, Hamdatul (2025) Peran Strategi Pemasaran Pada Tenun Ikat Mitra Bandar Kidul Kota Kediri Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21403184_prabab.pdf

Download (617kB)
[img] Text
21403184_bab1.pdf

Download (288kB)
[img] Text
21403184_bab2.pdf

Download (265kB)
[img] Text
21403184_bab3.pdf

Download (219kB)
[img] Text
21403184_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
21403184_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
21403184_bab6.pdf

Download (187kB)
[img] Text
21403184_daftarpustaka.pdf

Download (185kB)
[img] Text
21403184_persetujuan e-tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy

Abstract

HAMDATUL KARIMAH. Dosen Pembimbing Sri Hariyanti,M.M. dan Sidanatul Janah,S.H.I,M.H. Peran Strategi Pemasaran Pada Tenun Ikat Mitra Bandar Kidul Kota Kediri Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan. Progam Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2025. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Omzet Penjualan, Tenun Ikat Para pelaku UMKM menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat dalam era globalisasi saat ini. Salah satunya industri kerajinan tradisional seperti tenun ikat juga menghadapi persaingan pasar yang tinggi. Penerapan strategi pemasaran yang efektif menjadi strategi penting untuk menarik minat beli konsumen dan meningkatkan omzet penjualan. Tenun Ikat Mitra merupakan salah satu UMKM yang berhasil memanfaatkan strategi ini dengan baik melalui produk yang berkualitas meskipun dengan harga yang lebih tinggi dari pesaing lain, distribusi yang efisien serta promosi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran strategi pemasaran pada Tenun Ikat Mitra dalam meningkatkan omzet penjualan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dalam proses pengumpulan data peneliti melakukan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari pemilik, karyawan, dan konsumen Tenun Ikat Mitra. Untuk menjamin keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi pemasaran Tenun Ikat Mitra berjalan efektif. Meskipun memiliki harga jual lebih tinggi dibanding pesaing, omzet penjualan terus meningkat dari tahun 2020-2024. Unsur produk dan promosi menjadi faktor dominan yang mendorong peningkatan omzet penjualan. Produk yang berkualitas tinggi serta promosi yang dilakukan secara efektif baik online maupun offline mampu menarik minat beli konsumen dan memperluas pasar sehingga berdampak langsung pada peningkatan omzet penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: HAMDATUL KARIMAH
Date Deposited: 27 Oct 2025 03:27
Last Modified: 27 Oct 2025 03:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18352

Actions (login required)

View Item View Item