UPAYA GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS IX DI MTsN 2 KOTA KEDIRI

AFIFAH, ELA NUR (2025) UPAYA GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS IX DI MTsN 2 KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
21201191_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21201191_bab1.pdf

Download (426kB)
[img] Text
21201191_bab2.pdf

Download (487kB)
[img] Text
21201191_bab3.pdf

Download (377kB)
[img] Text
21201191_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text
21201191_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
21201191_bab6.pdf

Download (327kB)
[img] Text
21201191_daftarpustaka.pdf

Download (306kB)
[img] Text
21201191_lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21201191_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)

Abstract

Ela Nur Afifah Dosen Pembimbing, H. Saifullah, M.Ag. dan Maimunatun Habibah, M.Pd. I. “Upaya Guru Fikih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Model Cooperative Learning Pada Siswa Kelas IX di MTsN 2 Kota kediri”. Skripsi Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Kediri. 2025. Kata Kunci: meningkatkan motivasi belajar siswa, model cooperative learning Mata pelajaran fikih merupakan salah satu bagian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, dan mengamalkan hukum Islam. Namun motivasi belajar siswa kelas IX di MTsN 2 Kota Kediri rendah sehingga mempengaruhi pemahaman fikih. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa guru menerapkan model cooperative learning. Oleh karena itu Penelitian ini menjawab fokus penelitian: 1) Bagaimana penerapan model cooperative learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IX di MTsN 2 Kota Kediri? 2) Apa saja kendala yang dihadapi guru fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model cooperative learning pada kelas IX di MTsN 2 Kota kediri? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya dari guru fikih kelas IX, dan Peserta didik. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan member check. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran fikih kegiatan menarik yang dilakukan adalah menerapkan model cooperative learning dikelas. 1) Perencanaan sebelum penerapan model cooperative learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran fikih yang tersusun dalam perangkat pembelajaran yaitu RPP, pada saat pembelajaran dikelas kegiatan awal yang dilakukan adalah guru memberi motivasi berupa kata-kata penyemangat kepada siswa. Guru menjelaskan konsep dasar mengenai kepengurusan jenazah kepada siswa, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok diskusi untuk memahami materi secara bersama, guru mengarahkan kepada setiap kelompok agar memahami materi mengenai kepengurusan jenazah secara mendalam, kegiatan akhir dalam penerapan model cooperative learning ini adalah guru mengevaluasi dengan cara menilai setiap individu meskipun pembelajaran dilakukan secara berkelompok, adanya penerapan model cooperative learning, siswa tidak merasa belajar secara individu, melainkan bersama teman-temannya selama proses pembelajaran berlangsung. Sehingga tercipta proses belajar yang lebih efektif dan merata. Model cooperative dianggap dapat mempermudah siswa dalam menghadapi kesulitan belajar. 2) Hambatannya antara lain: perbedaan karakter, alokasi waktu yang tidak tepat, kondisi kelas yang kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ELA NUR AFIFAH
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:15
Last Modified: 14 Aug 2025 07:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18349

Actions (login required)

View Item View Item